Al Haris Sebut LPPD Potret Kinerja Kepala Daerah


 SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) merupakan wajah dan potret kinerja Kepala Daerah. Hal ini disebutkan Gubernur Jambi, Al Haris saat membuka Rapat Konfirmasi dan Review Evaluasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi tahun 2023, di Shang Ratu Hotel Jambi, Selasa (25/7/2023).

"LPPD ini potret wajah dan kinerja Kepala Daerah, mau sehebat apapun kinerja Kepala Daerah, apabila tidak dikemas dengan baik maka akan percuma," kata Haris.

Seluruh kepala daerah di Provinsi Jambi, diminta untuk bekerja serius. Karena LPPD ini menjadi rapor bagi kepala daerah. Sehingga, diminta kepada kepala daerah, untuk membenahi semuanya. 

Kepada Kepala Inspektorat Provinsi Jambi, Al Haris menginstruksikan agar dilakukan review kinerja. 

"Inspektur saya minta untuk mengundang seluruh Kepala Inspektorat se-Provinsi Jambi, lakukan review kinerja serta kuasai tugas dan wewenang Pemerintah Provinsi," tegasnya.

Haris juga mengharapkan terjadinya evaluasi secara berkesinambungan. Sehingga ada perbaikan kekurangan dalam LPPD yang disusun. 

Al Haris mengatakan, setiap daerah wajib menyajikan data sebagai laporan kinerja personal, apakah gubernur, visi misi, dan laporan staf dan OPD terkait.

Dia mengakui dari hasil review LPPD tahun 2021, laporan di Provinsi Jambi masih rendah. Sehingga, pihaknya perlu meminta nara sumber dari Kemendagri untuk memberikan arahan dan pelatihan untuk membuat sajian data yang benar.

“Sehingga potret kinerja gubernur terlihat. Karena sehebat apapun gubernur bekerja, kalau sajian data dan laporan tidak baik, maka itu tidak baik,” katanya.

Disebutkan apakah bupati dan walikota tidak serius dalam menyajikan LPPD ini, sehingga hasil review LPPD tahun 2021 rendah, Haris mengatakan ada banyak kemungkinan. Bisa jadi ada staf yang tidak memahami porsi, dan melaporkan data. 

“Mungkin sekda juga tidak mengarahkan staf, karena Sekda sebagai Ketua Tim. Mungkin begitu, ada banyak kemungkinan. Tapi yang jelas, ayok kita bekerja. Yang rendah, dinaikan. Target kita, tahun depan ada perubahan,” tandasnya.(*) 



Penulis: Rijal