Dua Hari Rakernas Apdesi Digelar, Gubernur Al Haris: Hajatan Kepala Desa

Gubernur Jambi Al Haris


SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Provinsi Jambi menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas)  Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) tahun 2023.

Rapat ini, dihadiri seluruh kepala desa di Indonesia. Pelaksanaannya dijadwalkan selama dua hari, mulai Rabu (26/7/2023) hingga Kamis (27/7/2023).

Semula, Apdesi ini direncanakan akan dihadiri Presiden Joko Widodo. Namun  batal lantaran Presiden memiliki jadwal lain yakni kunjungan kerja ke luar negeri.

"Beliau (Jokowi, red) besok sore berangkat ke luar negeri. Kita masih menunggu apakah bisa ataukah ada menteri yang diutus ke Jambi, belum ada info siapa yang menggantikan,” kata Gubernur Jambi Al Haris, Selasa (25/7/2023).

Apdesi ini, disebut-sebut juga akan dihadiri tokoh politik yang juga merupakan bakal calon presiden di Pemilu 2024 mendatang.

Al Haris menyebutkan, tidak ada undangan ditujukan kepada capres. Karena, dirinya tidak mau ada unsur politik pada Rakernas Apdesi ini.

"Tidak kita undang, kita kan tidak mau ada nuansa politik. Kita ingin ini memang acara desa yang tidak dikemas untuk politik itu saja," tegas Al Haris.

Ditanya sejauh mana persiapan Provinsi Jambi untuk Raker Nasional Apdesi di Jambi, Haris menegaskan semua acara diserahkan langsung kepada Apdesi.

Karena Pemerintah Provinsi Jambi nanya menjadi tuan rumah pada Raker Apdesi tahun ini.

"Ini Raker biasa. Mereka yang punya, kita hanya menjadi panitia. Kepala desa yang punya hajat, kita hanya tuan rumah," katanya.

Berdasarkan informasi yang  beredar, Anies Baswedan kemungkinan besar hadir dalam gelaran Apdesi tersebut. Anies akan mengisi materi sebagai naresumber di Apdesi sekitar pukul 13.30, Rabu (26/7/2023) siang ini. (*)



Penulis: Rijal