Maulana Buka Sosialisasi Lomba Gugus Depan Prestasi Se Kota Jambi


 SWARAJAMBI.ID, JAMBI - Wakil Wali Kota Jambi, Maulana membuka sosialisasi lomba gugus depan prestasi, tingkat SD dan SMP se-Kota Jambi. Kegiatan yang berlangsung di Aula Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Jambi, Selasa (25/7/2023), ini untuk meningkatkan geliat pramuka tingkat SD dan SMP di Kota Jambi.

Disampaikan Wawako Maulana, kegiatan kepramukaan di Kota Jambi selama pandemi beberapa waktu lalu terjadi penurunan yang sangat drastis. Untuk itu pada tahun ini ini akan kembali digeliatkan.

"Keberhasilan pembinaaan pramuka yakni, ada pada gugus depan," kata Maulana.

Pramuka sebut Maulana, salah satu organisasi kependidikan di luar formal untuk mencetak karakter anak-anak.

"Kepada gugus depan agar ikut semua, terutama terkait kelembagaan dan administrasi," ujarnya.

Karena sebut Maulana, ketergantungan anak-anak pada gadget saat ini perlu menjadi perhatian bersama. Salah satu upayanya menggeliatkan kegiatan pramuka di sekolah.

"Musuh kita saat ini gadget, banyak anak-anak kecanduan gadget," sebut Maulana yang merupakan Kakwarcab Pramuka Kota Jambi itu.

Melalui program kerja pramuka sebut Maulana, harus ada kegiatan memicu semangat gugus depan yang berlomba dalam hal baik.

"Meningkatakan kuantitas, jumlah peserta didik yang aktif pramuka dan meningkatkan kualitasnya," imbuhnya.

Diungkapkan Maulana, implementasi pramuka di Kota Jambi cukup baik.

"Tapi kita berharap semua siswa ikut pramuka, saat ini belum semua, masih ada orang tua yang tidak mengizinkan anaknya ikut pramuka," katanya.

"Ini perlu kita buktikan pada orang tua, bahwa pramuka itu membentuk pendidikan karakter," tambahnya.

Namun kata Maulana, tidak sedikit juga orangtua yang berterimakasih atas kegiatan pramuka, karena setelah ikut pramuka anak mereka menjadi lebih mandiri.

"Bisa membersihkan tempat tidur sendiri, bantu orangtua untuk pekerjaan rumah dan lainnya," ujarnya.

Sementara Kadispora Kota Jambi, Erwandi mengatakan, kegiatan pramuka di sekolah agak sedikit berkurang saat pandemi. Untuk itu gugus depan yang ada di SD dan SMP bisa kembali menggeliat dengan berbagai kegiatan.

"Pramuka sebagai wadah pelatihan kepemimpinan sejak dini," katanya.

"Pramuka ini wadah untuk beraktivitas sejak dini di sekolah. Inilah landasan kami untuk melakukan lomba gudep berprestasi," pungkasnya.(*)



Penulis: Rijal