Pertandingan Catur Porprov Dimulai, Percasi Jambi Jadikan Ajang Seleksi Atlet

SWARAJAMBI.ID JAMBI – Pertandingan catur Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jambi ke-XXIII tahun 2023 resmi dimulai hari ini, Senin (10/7/2023). Kegiatannya berlangsung di Hotel V yang dibuka langsung Sekretaris Umum (Sekum) KONI Provinsi Jambi Montaz Mona dengan diikuti atlet dari 11 Kabupaten /Kota se Provinsi Jambi.

Kategori yang dipertandingkan ada 12 kategori. Dari beregu putra/putri hingga perorangan putra/putri. Dengan total atlet tak kurang dari 150 orang.

"Hari ini pertandingan catur resmi dimulai. Semoga berjalan lancar, sampai akhir kegiatan," ujar Montaz Mona. 

Ia menambahkan ajang ini juga sekaligus kesempatan untuk menguatkan silaturahmi bersama.

“Kalah menang itu sudah biasa. Saya harap pertandingan catur dapat berlangsung sukses dan semuanya bermain dengan sportif,” ujarnya.

Sementara Sekum Percasi Provinsi Jambi Hendri Hutabarat mengatakan pihaknya akan memanfaatkan ajang porprov ini menjadi sarana seleksi atlet dan pembentukan tim Porwil khusus putra dan Pra PON putri. Selanjutnya, mereka diharapkan meraih tiket PON XXI/2024.

"Percasi Jambi memiliki target lolos PON, makanya harus bergerak sejak awal dan menjadikan ajang porprov untuk seleksi atlet," ujar Hendri.

Ia berharap dari ajang porprov, mendapatkan atlet berpotensisal yang nantinya akan memperkuat kontingen Jambi pada kedua even perebutan tiket PON itu.

"Kita sudah absen di PON Papua. Jadi momentum sekarang ingin membuktikan catur Jambi masih ada. Minimal targetnya lolos PON 2024, lalu memasang target medali," terangnya.

Untuk peserta yang mengikuti Porprov Jambi sesuai Technical Hand Book (THB) dan diikuti 11 kabupaten/Kota se Provinsi Jambi.

 "Kekuatan catur di Jambi, saya lihat sudah merata saat ini. Jadi tergantung persiapan mereka," kata Hendri.(*)


Penulis: Rijal