Semarak Pembukaan Festival Batanghari 2023, Gubernur Al Haris Pukul Lesung

Gubernur Jambi bersama instri memukul lesung tanda pembukaan Festival Batanghari 2023.

––––––––––––

 SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Festival Batanghari Ke-23 Tahun 2023 resmi dibuka. Festival ini dimulai dengan pemukulan lesung oleh Gubernur Jambi Al Haris dan kemudian diikuti unsur Forkopimda di lingkup Pemerintah Provinsi Jambi serta Bupati/Walikota se-Provinsi Jambi yang berlangsung di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Putri Pinang Masak, Jum'at (21/7/2023) malam.

Agenda tahunan yang mengangkat tema "Semakin Dilestarikan, Semakin Mensejahterakan" merupakan rangkaian Kenduri Swarnabhumi. Karena itu yang hadir semuanya mengenakan pakaian melayu khas Jambi.


 "Festival Batanghari ini merupakan rangkaian Kenduri Swarnabhumi yang dimulai di Kabupaten Kerinci dan saat ini diselenggarakan di Kota Jambi," ujar Gubernur Al Haris.

Festival Batanghari juga diharapkan gubernur dapat membangkitkan semangat pemulihan ekonomi, khususnya membangkitkan UMKM serta ekonomi kreatif. 

"Kita berharap ini memberikan dampak positif bagi pelaku perekonomian," tutur Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris juga mengungkapkan, Festival Batanghari merupakan salah satu upaya dalam mengkampanyekan Gerakan Sungai Batanghari Bersih. Yang tujuannya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan sungai batanghari dari hulu sampai ke hilir.

"Adanya festival ini, partisipasi masyarakat menjaga kebersihan Sungai Batanghari meningkat," pungkas orang nomor satu di Provinsi Jambi tersebut.(*)



Penulis: Rijal