Buka Latpim Administrasi, Maulana: Harus Paham Manajemen Kinerja


 SWARAJAMBI.ID, JAMBI - Wakil Wali Kota Jambi, Maulana menyatakan setiap orang memiliki sifat pemimpin. Namun  kepemimpinannya harus akuntabel dan bertanggungjawab dengan tugas yang diemban.

"Sama halnya dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan jabatan administrator. Mereka bisa dikatakan adalah seorang pemimpin pertengahan. Dimana, sebagai pejabat administrator punya atasan dan bawahan," ujar Wawako Maulana saat membuka Pelatihan Kepemimpinan Admistrasi di lingkup Pemkot Jambi angkatan 1 tahun 2023 di Badan Diklat Kota Jambi, Senin (21/8/2023).

Ditambahkan Maulana, dengan pelatihan yang diikuti peserta ini sebagai siklus yang terus berputar untuk kebutuhan organisasi Pemkot, di mana akan ada yang memasuki pensiun.

“Ini Kita akan mendapatkan energi baru karena gerbongnya terus bergerak, yang senior bakal pensiun dan akan dilanjutkan para penerusnya. Saya yakin peserta dengan hasil terbaik suatu saat akan menjadi kepala dinas. Semua kita ini adalah pemimpin dan akan diminta pertangungjawaban kelak,” ujar Maulana.

Hampir rata-rata, di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ada ASN yang memiliki kinerja yang baik dan kurang baik.

Di mana, kata Maulana, peserta pelatihan ini sebagai gerbong penggerak menciptakan OPD yang berkinerja baik.

Maulana mengingatkan, zaman terus berkembang dan mengalami perubahan. Terlebih dengan pesatnya perkembangan teknologi.

Untuk itu, ASN juga perlu mempersiapkan diri mengikuti perubahan jika ingin maju. Ini tak lain dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Sebagai sponsor perubahan harus memahami manajemen kinerja supaya terus maju. Kami berharap betul motor penggerak yang 15 persen ini akan membawa gerbong 80 persen yang ikut-ikutan tadi lama-lama bisa menjadi baik. Sehingga ada budaya malu yang kita kembangkan,” ujar Maulana.

“Itulah diharapkan perubahan-perubahan, baik dari segi karakter pribadi maupun dari segi kinerjanya. Dan semua Bapak Ibu diwajibkan membuat proyek perubahan yang betul-betul bisa dilaksanakan di OPD-nya masing-masing,” jelasnya.

Sementara, kepala BKPSDMD Kota Jambi, Liana Andriani mengucapkan terima kasih, kepada BKPSDMD Provinsi Jambi yang telah bekerjasama dengan pihaknya dalam melaksanakan pelatihan ini.

“Pada pelatihan kali ini Kami akan memilih 5 terbaik untuk dari peserta ini. Dan peserta tidak perlu mencari panitia. InsyaAllah perubahan yang kalian akan keluar adalah benar-benar yang menjadi resolusi dari permasalahan tugas masing-masing,” jelasnya.(*)