Hebat! Dua Atlet Muaythai Jambi Lolos PON XXI

Atlet Muaythai Jambi yang mengikuti babak kualifikasi PON 2024 di Jawa Timur. 


SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Diluar dugaan, cabang olahraga Muaythai berhasil meloloskan dua petarungnya ke PON XXI Aceh- Sumut. Rasa bangga dan haru menyelimuti kubu Muaythai Jambi yang langsung dipimpin ketuanya, Zulhadi. Dua atlet yang lolos itu adalah,  M Agusti dan Mutiara Kumala Sari masing-masing kelas 60 kilogram.

"Ini perjuangan yang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Semua atlet bertarung mati-matian demi harga diri untuk lolos PON,” ujar Ketua Pengprov Muaythai (MI) Jambi Zulhadi, Sabtu (26/8/2023).

"Petarung kita membuktikan mereka mampu untuk lolos PON 2024. Alhamdulillah," imbuhnya.


Zulhadi mengungkapkan bagaimana ketatnya perjuangan petarung Jambi menghadapi lawannya di Gelora Pancasila Surabaya, Jawa Timur. Dari yang dibawa, hanya M Agusti dan Mutiara Kumala Sari yang mencapai target lolos PON. Kepastian itu setelah keduanya mengalahkan petarung dari Riau dan Kalimantan Timur.

"Alhamdulillah M Agusti menang atas Riau, Muhammad Ramdhani pada kelas 60 kilogram putra dan berhak tiket PON. Sedangkan Mutiara Kumala Sari memupuskan harapan Siti Mardiyah Noor dari Kalimantan Timur," kata Zulhadi.

Wakil ketua Pengprov MI Jambi Hendri Hutabarat  menambahkan petarung yang dikirim MI Jambi ke babak kualifikasi PON Muaythai merupakan para juara Porprov Jambi 2023. Targetnya lolos PON. 


"Harapan kita semuanya lolos PON, yang kita kirim. Ternyata dua petarung yang meraih tiket PON. Meski dua petarung, target kita sudah tercapai. Ini sudah hebat, apalagi persaingannya sangat ketat," ujarnya.

Babak kualifikasi PON Muay Thai tahun ini mempertandingkan sebanyak 22 kelas dan nomor. Rinciannya, empat nomor seni dan 18 kelas fight. Hampir semua provinsi mengikuti seluruh nomor yang dipertandingkan. Total ada 463 atlet yang ambil bagian dalam BK PON Muaythai yang berlangsung 20-27 Agustus 2023 ini.(*)