Buntut Joget Kontroversial, LAM Kota Jambi Siapkan Sanksi Adat Untuk Pelakunya


 SWARAJAMBI.ID, JAMBI - Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Jambi akan menyiapkan sanksi adat atas aksi joget kontroversial. Di mana aksi joget kontroversial ini terjadi dalam suatu acara di Mal WTC Batanghari, Jum'at, 8 September 2023.

Dalam pernyataan resmi, LAM Kota Jambi menyatakan keprihatinan mendalamnya, atas kejadian ini. LAM Kota Jambi juga menilai bahwa, kegiatan tersebut tidak mencerminkan budaya dan nilai-nilai Jambi yang seharusnya dijunjung tinggi.

Dalam rencana tindak lanjutnya, LAM Kota Jambi akan memanggil sejumlah pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Termasuk panitia penyelenggara, Forum Komunikasi Ormas (Forkom) Kota Jambi, dan Kesbangpol Kota Jambi selaku pembina Forkom. 

"Tujuan pemanggilan ini adalah untuk mendapatkan klarifikasi dan pemahaman yang lebih mendalam tentang konteks dan tujuan di balik kegiatan joget kontroversial tersebut," kata Sekretaris LAM Kota Jambi, Aswan Hidayat, Senin, 11 September 2023.

Aswan mengatakan, keprihatinan mereka terhadap keberlangsungan budaya dan adat Jambi. Salah satu hal yang sangat mereka sesalkan adalah penggunaan kata "budaya Jambi" dalam kegiatan tersebut, yang dianggap tidak pantas dan merendahkan nilai-nilai budaya Jambi yang seharusnya dijaga dan dilestarikan.(*)