Buka Bimbingan Teknis Tanda Tangan Elektronik, Faisal : Komponen Pendukung SPBE


 SWARAJAMBI.ID, MUAROJAMBI – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Muarojambi Faisal Harahap membuka acara bimbingan teknis Tanda Tangan Elektronik (TTE) di Ruang Ridan Kantor Bupati Muarojambi, Kamis (19/10/2023). Acara teknis ini  diikuti Kepala OPD lingkup Pemkab Muarojambi dan para Camat se-Kabupaten Muarojambi.

Menurut Faisal, kemajuan teknologi saat ini semakin berkembang. Seiring itu diharapkan pemerintah daerah harus mampu memanfaatkan untuk mendukung pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat ataupun dalam lingkup birokrasi di perkantoran.

" Hal itu juga sesuai Perpres No 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), mendorong seluruh instansi Pemerintah untuk menerapkan layanan pemerintahan dan layanan publik berbasis elektronik," ujar Faisal menjelaskan.

Salah satu komponen pendukung SPBE  dalam konsep informasi birokrasi dengan implementasi adalah TTE. Dengan diterapkan TTE berdampak langsung dalam percepatan birokrasi dibandingkan dengan penggunaan tanda tangan basah secara umum.

"Namun yang perlu kita sadari bersama implementasi TTE ini dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Muarojambi akan berdampak pada perubahan pola dan kebiasaan dalam alur birokrasi kita," ungkapnya.

Untuk itu, Faisal Harahap minta agar semua kembali membuka diri akan arus transformasi digital dan juga mempertahankan momentum digitalisasi yang telah dibangun bersama. 

"Sehingga smart city Kabupaten Muarojambi segera diwujudkan. Saya berharap agar seluruh ASN dan kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muarojambi sudah harus mulai membuka diri terhadap perubahan era digital dan kemajuan teknologi yang sudah tidak lagi bisa kita hindarkan, sehingga aparatur Pemkab Muaro Jambi siap mewujudkan E-Government dalam pelayanan publik," tutupnya.(*)