Haris Sebut Forum CSR Bantu Pemerintah Daerah


 SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Gubernur Jambi, Al Haris mengatakan, ada kewajiban dari setiap perusahaan mengeluarkan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk kepentingan kesehatan, pendidikan, dan infrastrukrur seperti jalan. CSR ini dikoordinir oleh Forum CSR Jambi yang di dalamnya menggabungkan seluruh perusahaan-perusahaan di wilayah Provinsi Jambi.  

Hal itu disampaikan Al Haris saat memimpin rapat dukungan perusahaan pertambangan mineral dan batu bara dalam rangka menyukseskan STQH tingkat nasional ke- XXVII, yang akan diselenggarakan di Provinsi Jambi pada 30 Oktober nanti.

“Kita mempunyai Forum CSR Jambi yang sudah terbentuk. Di sini ada kewajiban perusahaan untuk berpartisipasi membantu Pemerintah Daerah. Tugas forum ini menerima sumbangan-sumbangan dari perusahaan. Nantinya forum ini akan membaginya, seperti untuk membantu kemiskinan, stunting dan sosial lainnya,” katanya, Senin (16/10/2023).

"Pada hari ini sengaja kita undang teman-teman pengusaha di Jambi dalam wadah forum CSR Jambi,” sambungnya.

Al Haris menyebutkan, dalam dua tahun berjalan setelah forum ini terbentuk, belum menghasilkan apa-apa. Dirinya mengevaluasi, untuk melihat forum ini seperti apa, serta untuk melihat komitmen dari pengusaha mengeluarkan CSR.

“Sudah dua tahun forum ini, belum ada apa-apanya," kata Al Haris.

Forum CSR Jambi ini menurut Al Haris sah berdasarkan undang-undang. Tapi, yang terpenting adalah komitman dari perusahaan harus dijalankan. Karena CSR sudah menjadi kewajiban perusahaan, untuk disalurkan membantu masyarakat.

Lebih lanjut Al Haris menjelaskan, ada kewajiban dari perusahaan berpartisipasi dalam CSR, dan tugas forum CSR adalah menerima sumbangan dari perusahaan-perusahan yang tergabung dalam forum itu, lalu mengelolanya untuk kegiatan sosial.

“Dan nanti forum inilah yang membaginya. Digunakan untuk kemiskinan, kesehatan, pencegahan stunting, bencana kebakaran dan hal sosial lainnya. Ada beberapa kejadian kebakaran di Tungkal, di Sarolangun kemaren ini. Kalau kita menunggu APBD, lama prosesnya untuk membantu mereka. Kalau forum ini punya uang, bisa digunakan untuk kegiatan sosial,” tandasnya.(*)




Penulis : Rijal