Kenakan Sarung dan Peci, Pj Bupati Bachyuni Dampingi Wagub Sani Peringati Hari Santri Nasional di Kumpeh

SWARAJAMBI.ID, MUAROJAMBI – Mengenakan sarung dan peci, Penjabat (Pj) Bupati Muarojambi Bachyuni Deliansyah mendampingi Wakil Gubernur Jambi H. Abdullah Sani membuka Apel Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2023, Minggu (22/10/2023),  di Pondok Pesanteren Daaru Attauhid, Desa Muaro Kumpeh, Kumpeh Ulu. 

Apel HSN tersebut turut dihadiri Kakan Kemenag Provinsi Jambi Zoztafia, Anggota DPR RI Hasan Basri Agus, Kakan Kemenag Kabupaten Muarojambi Buhri serta tamu undangan lainnya.

Dalam peringatan Hari Santri 2023 ini digelar zikir akbar solawat, munajat, doa, dan kegiatan lainnya yang diikuti oleh ribuan santri dan masyarakat.

Pj Bupati Muarojambi Bachyuni Deliansyah dihadapan para santri, mengucapkan selamat Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2023. Dia mengatakan peringatan Hari Santri nasional ini, sebagai momentum gerakan baru untuk para santri untuk memajukan bangsa dan agamanya.

"Peringatan Hari Santri ini diharapkan sebagai media dakwah dan silaturahmi antara para santri termasuk pengasuh dan pimpinan pondok pesantren agar dapat berkolaborasi dengan Pemerintah," ujar Bachyuni.

Tema peringatan Hari Santri 2023 adalah ‘Jihad Santri Jayakan Negeri. Tema ini memberi pesan bahwa peringatan Hari Santri tahun ini ingin merayakan semangat dan dedikasi para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan kebodohan.

Di zaman yang penuh tantangan dan kompleksitas, jihad tidak lagi merujuk pada pertempuran fisik, melainkan pada perjuangan intelektual yang penuh semangat.

“Santri sebagai penjaga terdepan dalam pertempuran melawan ketidakpahaman, kebodohan, dan ketertinggalan. Santri merupakan pejuang ilmu pengetahuan yang tidak kenal Lelah mengejar pengetahuan dan kebijaksanaan sebagai senjata utama mereka,” kata Bachyuni.

"Dengan demikian bisa mewujudkan pesantren yang lebih baik lagi bukan hanya di bidang agama namun di segala bidang, dan ketika negara memanggil harus siap memberikan kontribusi,” sambungnya.

Dalam sambutan Apel Hari Santri Nasional Wakil Gubernur jambi H. Abdullah sani, menyampaikan peringatan Hari santri bukanlah milik Santri semata, melainkan semua masyarakat Indonesia.

Katanya, apapun latar belakangnya untuk turut serta ikut merayakan hari santri dan menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia sebagian mereka dalam menjalankan ajaran agama dan berjuang untuk kemerdekaan dan sangat patut kita teladani hari santri. (*)