Kota Jambi Sukses Optimalisasi Sumber Pajak


 SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Selama 10 tahun kepemimpinan Wali Kota Jambi, Syarif Fasha, mampu memberikan perubahan yang cukup siginifikan di Kota Jambi. Baik dalam bentuk bangunan fisik ataupun lainnya.

Perubahan ini sebut Fasha bukan hanya mengejar pendapatan dan mencari sumber-sumber. Namun pihaknya lebih mengoptimalisasi sumber pajak yang ada.

“Kami tidak menaikkan pajak Rp1 pun. Tidak sampai dengan saat ini. Tapi optimalisasi,” kata Fasha, pada giat FGD Analisa Peningkatan Pendapatan dan Akselerasi Pembangunan Kota Jambi, kemarin.

Apa yang dimaksud optimalisasi oleh Walikota Jambi dua periode ini? Yakni, mengupayakan yang tidak bayar pajak untuk membayar pajak.

“Ya yang tadinya mau bayar minim, disesuaikan dengan yang memang seharus membayarnya berapa. Itu optimalisasi,” terangnya.

Sehingga, realisasi pendapatan di Kota Jambi tiap tahun di bawah kepmimpinannya mengalami kenaikkan yang cukup signifikan.

“Kalaulah optimalisasi ini dilakukan 15 tahun yang lalu, mungkin Kota Jambi sudah lebih dari saat ini,” timpalnya.

Disamping itu, dengan adanya undang-undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat Dan Pemerintahan Daerah,  pada tahun 2025 mendatang dapat menambah sumber pendapatan bagi Kota Jambi sendiri.

“Jadi nanti di tahun 2025 maka pendapatan Kota Jambi dari sektor pajak akan meningkat, di angka 300 sampai 400 miliar. Berarti PAD Kota Jambi akan lebih tinggi dibanding dengan PAD Provinsi Jambi. Ya Insya Allah nanti setelah itu, banyak hal-hal yang bisa dilakukan untuk masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPPRD Kota Jambi, Nella Ervina menyebutkan, tantangan dan peluang yang terus berkembang sangat penting bagi semua untuk melakukan evaluasi dan memperkuat sumber pendapatan.

“Kita patut berbangga dalam 10 tahun terakhir di bawah kepemimpinan Bapak Walikota Jambi, penerimaan pajak daerah telah meningkat sejak tahun 2013 sampai dengan Tahun 2022 sebesar 193,07%,” ungkapnya.

Sementara ia berharap, dari hasil FGD tersebut, akan menjadi rekomendasi serta kajian analisa peningkatan pendapatan dan akselerasi Pembangunan Kota Jambi kedepannya.

“Kami mengajak setiap peserta yang hadir untuk aktif berkontribusi dalam diskusi ini berbagi wawasan dan mengusulkan solusi yang inovatif Untuk memanfaatkan kecerdasan dan pengalaman kolektif kita untuk merancang strategi yang efektif dan berkelanjutan dalam rangka kepentingan Kota Jambi,” tutupnya.(*)




Penulis: Rijal