Pekerjaan IPAL Masih Dikeluhkan Warga, Ini Masalahnya

SWARAJAMBI.ID, JAMBI - Pekerjaan sewerege system di Kota Jambi masih menjadi keluhan warga. Pasalnya pekerjaan tersebut tak kunjung selesai.

Bahkan di Jalan Mayor Abd Karta Wirana, Jambi Timur, galian lobang sewerege system sempat ditinggalkan pekerja. Padahal pekerjaan tersebut belum dirapikan.

Kondisi itu menuai protes dari masyarakat. Karena saat kondisi kemarau kawasan tersebut dipenuhi debu.

"Sudah satu bulan ini tidak ada pekerjaan lagi di lapangan. Pekerjanya juga tidak terlihat lagi. Baru hari ini (kemarin, red) muncul lagi," kata Ketua RT 10 Kelurahan Sulanjana, Jambi Timur, Husni.

Husni menjelaskan, lubang dari galian hanya ditutup sementara dengan besi plat. Tak jarang warga terpeleset saat berjalan di kawasan tersebut. 

"Belum lama ini ada ibu-ibu yang terpeleset," ujarnya.

Pihaknya sebut Husni, mengharapkan pekerjaan tersebut segera diselesaikan, dan jalan kawasan mereka dirapikan kembali seperti semula.

"Warga bahkan sempat mengancam mau melakukan aksi demo terkait kondisi ini. Mudahan dalam waktu dekat bisa segera dirapikan lagi," ujarnya.

Diketahui proyek Jambi Sewerage System akan menangani pengolahan limbah domestik di dua kecamatan di Kota Jambi, yakni pada Kecamatan Jambi Timur dan Pasar. Nantinya dari proyek tersebut akan menyasar 1.000 sambungan. 

Sebelumnya, Humas PT Waskita Karya, Annas mengatakan, test commisioning instalasi/Section tiap hari terus dilaksanakan. Saat ditanya progres pekerjaan dan apakah bisa diselesaikan tahun ini, ia optimis bisa selesai tahun ini.

Termasuk juga perbaikan jalan dalam Kota Jambi yang terdampak akibat pembangunan tersebut. 

"Insya Allah selesai (akhir tahun, red), mohon doanya teman-teman sekalian, untuk senantiasa di berikan kekuatan dan kelancaran, dalam menyelesaikan Pekerjaan program IPAL Kota Jambi," katanya beberapa waktu lalu.

Anas mengatakan, saat ini pihak rekanan tengah melakukan uji test Hydro Pipa HDPE, di Jalan Setia Budi, Jambi Timur. Saat ditanya progres pekerjaan sudah mencapai 80 persen, dia meminta dukungan dan doa supaya program IPAL untuk masayarakat Kota Jambi bisa selesai tepat waktu.

"Alhamdulillah mohon dukungan dan doa supaya program IPAL untuk masyarakat Kota Jambi bisa selesai tepat waktu," jelasnya.(*)



Penulis : Rijal