Penjabat Bupati Muarojambi Hadiri Deklarasi Damai Pilkades Serentak Tahun 2023


 SWARAJAMBI.ID, MUAROJAMBI –

Penjabat Bupati Muarojambi Bachyuni Deliansyah menghadiri deklarasi Damai Pilkades Serentak Tahun 2023 di Gedung Serbaguna Kabupaten Muaro Jambi, Selasa (17/10/2023).

Dalam sambutan Penjabat Bupati Muarojambi Bachyuni Deliansyah mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Muara Jambi dan komandan Kodim 0415 Jambi dan jajarannya yang telah berkenan berpartisipasi dan memfasilitasi acara ini.

Dalam pelaksanaan deklarasi damai Pilkades merupakan salah satu momentum yang penting dalam rangkaian proses tahapan Pilkades serentak gelombang II di Kabupaten Muarajambi ini.

Pj Bupati Muarojambi Bachyuni Deliansyah, mengatakan Sebelum memasuki masa kampanye Pilkades berlangsung hingga pelaksanaan pada tanggal 25 Oktober 2023 sangatlah tepat bagi pemerintah Kabupaten untuk memfasilitasi adanya deklarasi damai dimana deklarasi saat ini bukan semata inisiatif dari pemerintah Kabupaten saja akan tetapi juga merupakan hasil kesepakatan dan koordinasi dengan Forkopimda untuk menghadirkan seluruh calon kepala desa.

Deklarasi ini, Tentunya juga membuktikan adanya kesatuan semangat untuk acara bersama mewujudkan pelaksanaan pilkades yang damai langsung umum bebas rahasia jujur dan adil. 

Berbagai tahapan sudah kita laksanakan dengan sosialisasi pembentukan panitia pemilu pendataan pemilih Penjaringan dan penyaringan bakal calon hingga klarifikasi berkas administrasi bakal calon. Tantangan ke depan adalah bagaimana mengawal tahapan pelaksanaan kampanye masa tenang Di hari H dan sampai dengan pelantikan Kepala Desa terpilih," katanya.

Pj Bupati Bachyuni Deliansyah menambahkan pelaksanaan pilkades kali ini terdapat 96 orang calon kepala desa, yang terdiri dari 92 orang laki-laki, dan 4 orang perempuan, dengan total 103 TPS dan jumlah DPT 56.615 orang yang tersebar di 30 desa di 10 Kecamatan dalam kabupaten Muaro Jambi. 

Melalui kegiatan ini, Pj Bupati mengimbau dan mengajak seluruh calon kepala desa untuk bersepakat dan memberikan yang terbaik untuk mengikuti seluruh tahapan pelaksanaan pilkades dengan mengedepankan etika politik yang bersih dan toleran.(*)