Peradi Lantik 89 Advokat Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Jambi



 SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Sebanyak 89 calon advokat wilayah hukum Pengadilan Tinggi (PT) Jambi resmi diangkat dan dilantik sebagai advokat oleh Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) di BW Luxury Hotel Jambi, Selasa (31/10/2023). Prosesi  pengangkatan advokat yang berlangsung khidmat itu dipimpin langsung ketua harian DPN Peradi, R Dwiyanto Prihantono.

Dwiyanto mengatakan, pengangkatan advokat di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Jambi telah sesuai aturan. Mereka telah mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) dan ujian profesi advokat (UPA) serta telah menyelesaikan masa magang dua tahun secara resmi.

"Pengangkatan sebagai advokat ini baru langkah awal," ujar R Dwiyanto Prihantono.

Dwiyanto  kembali mengatakan advokat sebagai pilar penegak hukum harus mempunyai integritas untuk menjadi advokat berkualitas, bermanfaat bagi masyarakat dan negara. 



"Harus taat hukum, patuh kepada sumpah dan menjaga kode etik.  Ini yang menjadikan advokat dihargai,” tuturnya. 

Setelah diangkat menjadi advokat, para advokat tersebut akan diambil sumpahnya di Pengadilan Tinggi Jambi pekan mendatang.

“Periode selanjutnya kami berharap pengangkatan advokat atau pengambilan sumpah bisa kembali berjalan lancar dan tidak hanya mementingkan jumlah peserta. Tapi benar-benar telah melalui seleksi ketat,” kata Dwiyanto.

"Para advokat yang diangkat diharapkan akan melanjutkan kiat-kiat dan perjuangan Peradi dalam melaksanakan kinerja sebagai advokat tepercaya, solid, mandiri, serta bermartabat," sambungnya.

Hal senada juga disampaikan ketua DPC Peradi Jambi Muhammad Syahlan Samosir yang mengatakan prosesi pengangkatan dan pelantikan  jabatan advokat ini merupakan saat yang paling dinantikan bagi seluruh calon advokat.

"Ini sebuah berkah yang sekaligus diharapkan dapat menjaga kehormatan dan martabat profesi seorang advokat Peradi, terutama yang beracara di wilayah Jambi," pinta Syahlan. 

Di acara pelantikan dan pengamgkatan advokat Peradi ini, tak hanya datang dari wilayah Kota Jambi saja. Tapi juga dari sejumlah wilayah di Jambi diantaranya Muarabulian, Sarolangun, Muarobungo dan  daerah lainnya.(*)




Penulis : Rijal