Serahkan Antropometri Kit ke Posyandu, Fasha: Deteksi Dini Stunting

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Upaya penanganan kasus stunting terus digalakkan Pemkot Jambi. Di antaranya ditandai dengan disalurkannya ratusan Antropometri Kit terhadap Posyandu dan sekolah PAUD di Kota Jambi, Rabu (18/10/2023).

Penyaluran Antropometri Kit ini dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Jambi, Syarif Fasha beserta Bunda PAUD Kota Jambi, Yuliana Fasha.

“Ini kami membagikan alat Antropometri Kit ke seluruh Posyandu yang ada di Kota Jambi,” terang Fasha.

Total di Kota Jambi, ada sekitar 400 Posyandu. Alat ini kata Fasha digunakan untuk Posyandu Posyandu dalam melaksanakan kegiatan baik mengukur berat badan, panjang badan, lingkar kepala dan lainnya.

“Sebagai sasaran utamanya adalah untuk mendeteksi anak-anak yang stunting dan juga pertumbuhan anak,” timpalnya.

Antropometri kit yang diserahkan terdiri dari alat ukur tinggi bayi dan balita, timbangan digital dan alat ukur lingkar lengan bayi dan balita. Penyaluran Antropometri ini bersumber dari APBD Kota Jambi.

Dia melanjutkan, saat ini stunting merupakan masalah yang strategis karena menyangkut eksistensi masa depan bangsa.

“Selain itu, stunting bukan hanya masalah pada kondisi tubuh yang pendek saja, tetapi kondisi ini jauh melibatkan pada terindikasinya suatu infeksi kronis dan berulang serta muatan asupan yang tidak sehat,” tutupnya.

Sementara itu, Kadinkes Kota Jambi, Ida Yuliati menyebutkan, perkembangan pemantauan balita di Posyandu menggunakan Antropometri kit agar lebih akurat.

“Pengukuran dilakukan kader-kader Posyandu. Nanti datanya akan terintegrasi dengan Dinkes dan Kemenkes,” ungkapnya.

Antropometri kit ini dihibahkan ke Posyandu sebanyak 468 alat. Dan sebanyak 100 sekolah PAUD turut mendapatkannya.

“Semua Posyandu mendapatkan alat Antropomerti Kit yang sama sehingga diharapkan hasil timbangan (anak) juga akan sama. Data hasil penimbangan yang diperoleh pun akan kuat dan tepat, untuk menggambarkan gizi anak di 1.000 hari daur hidupnya,” tutupnya.(*) 




Penulis : Rijal