Usut Penyebab Kematian, Kuburan Gadis Tegal Rejo Dibongkar


 SWARAJAMBI.ID, BANGKO–  Makam seorang gadis berinisial SP (19) di Desa Tegal Rejo, RT 001, Kecamatan Margo Tabir, Kabupaten Merangin dibongkar. Proses ekshumasi atau pengangkatan jenazah langsung dilakukan tim dokter Forensik Polda Jambi, Senin (2/10/2023). Proses pengangkatan jenazah itu dilakukan untuk proses autopsi lantaran pihak keluarga korban merasa janggal akan penyebab meninggalnya SP.

Warga diminta tidak mendekat ke lokasi makam. Garis polisi yang dipasang pun cukup jauh dari makam. Disekitar kuburan SP dipasangi plastik berwarna hitam melingkar. Ditengahnya ada tenda yang ukurannya tidak begitu luas. 

SP meninggal dunia dan dimakamkan pada Minggu (13/8/2023) lalu. Ekshumasi  dilakukan setelah pihak keluarga SP memberanikan diri melaporkan kejanggalan atas kematian SP ke Polres Merangin.

Atas laporan tersebut Kapolres Merangin, AKBP Ruri Roberto menyebutkan, meminta pihaknya benar-benar serius mengungkap penyebab meninggalnya SP.

“Kami sudah meminta Tim Dokter Forensik Polda Jambi untuk melakukan Ekshumasi dan autopsi terhadap jenazah korban,” ujarnya.

Ruri mengatakan ekshumasi perlu dilakukan karena bagian dari proses penyelidikan/penyidikan. Maka tugas pihaknya untuk mengungkap secara terang benderang apa yang sesungguhnya terjadi yang menimpa korban.

"Saat ini masih dalam penyelidikan kita," tambah kapolres.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Merangin, Iptu Mulyono menyampaikan saat ini posisinya sedang mendampingi Tim Dokter Forensik Polda Jambi.

”Mudah-mudahan dengan dilakukannya Ekshumasi dan Autopsi ini kita dapat mengungkap peristiwa apa yang terjadi,” jelasnya. 

Untuk diketahui bahwa, SP sebelum meninggal dunia ditemukan oleh neneknya dalam kondisi muntah-muntah di rumah. Di mana sebelum muntah-muntah, SP terlihat sedang memakan sate dan minum teh.

Selanjutnya dalam kondisi tidak sadarkan diri SP langsung dilarikan ke klinik terdekat.

Namun nahas nyawa korban tidak tertolong lagi dan dinyatakan telah meninggal dunia.

Akhirnya korban langsung dimakamkan pada hari Minggu (13/8/2023) sekira pukul 14.00 Wib.(*)




Penulis: Rijal