Warga Pelayangan dan Danau Teluk Kesulitan Air Bersih


 SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Kekeringan masih dialami banyak warga khususnya di wilayah Kecamatan Pelayangan dan Danau Teluk, Kota Jambi Seberang. Sejumlah warga pada Kamis (12/10/2023), tampak mengantre dengan membawa sejumlah ember untuk mendapatkan bantuan air bersih yang disalurkan Perumda Air Minum Tirta Mayang Kota Jambi.

“Kami sudah beberapa hari ini kesulitan air. Alhamdulillah ini ada bantuan air,” kata Santo, warga RT 04, Kelurahan Mudung Laut, Kecamatan Pelayangan, kemarin.

Dirinya mengaku, sejak beberapa hari belakangan ini, ia dan warga lainnya kesulitan air bersih. Kondisi sumur pun kata dia turut mengering dampak musim kemarau saat ini.

“Sumur ada, tapi airnya tidak banyak. Tidak cukup,” kata dia.

Sementara untuk air PDAM kata dia, belakangan juga kerap tidak mengalir normal seperti biasanya. “Kadang hanya jam 11 malam sampai jam 1an malam hidup. Soalnya Sungai Batanghari juga kering,” jelasnya.

Sementara Lurah Mudung Laut, Legiman menyebutkan, pihaknya berupaya memfasilitasi warga yang mengalami kekeringan dengan meminta bantuan kiriman air bersih dari Perumda Air Minum Tirta Mayang.

“Cukup banyak, ada beberapa RT di sini yang kesulitan air bersih. Alhamdulillah, bantuan air bersih datang. Meski kuotanya tidak terlalu banyak, kami harap ini bisa mencukupi kebutuhan warga sementara waktu,” timpalnya.

Senada juga dikatakan Masita, warga RT 10, Kelurahan Arab Melayu, Kecamatan Pelayangan. Kata dia, sudah 2 minggu belakangan ini ia dan warga lainnya kesulitan mencari air bersih.

“Tapi ini Alhamdulillah ada bantuan, dan gratis,” kata dia.

Sementara itu, Dirut Perumda Air Minum Tirta Mayang, Dwieke Riantara membenarkan bahwa, belakangan ini untuk di wilayah Jambi Kota Seberang, pendistribusian air terbatas.

“Karena kondisi pipa intake kita sudah menggantung. Maka dari itu ada beberapa wilayah yang memang kita stop sementara beberapa waktu pendistribusiannya,” terangnya.

Oleh sebab itu, sejak beberapa waktu lalu, menghadapi musim kemarau dan memenuhi permintaan masyarakat yang mengalami kekeringan, pihaknya telah mendistribusikan air secara gratis.

“Ya total ada ratusan titik sudah kita jangkau. Tertuma memang di daerah Jambi Kota Seberang dan kawasan Paalmerah,” terangnya.

Masyarakat yang membutuhkan bantuan air bersih agar berkoordinasi dengan RT/Lurah/Camat, dan mengirim pesan WhatsApp ke nomor layanan Tirta Mayang 0821-2121-9692.

“Untuk memudahkan dan mempercepat pendistribusian, warga diminta menyiapkan tempat penampungan air di depan rumah, sabar dan tertib dalam menerima bantuan,” tutupnya.(*)



Penulis: Rijal