Gelar Razia dan Test Urine Warga Binaan, Lapas Perempuan Jambi Ciptakan Zero Halinar


 SWARAJAMBI.ID, MUAROJAMBI – Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Jambi (Lapuanja) melaksanakan razia  dan test urine bagi warga binaannya, Senin (20/11/2023). Razia melibatkan petugas BNN Provinsi Jambi, Polres Muarojambi, Koramil 415-05/Sengeti, dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Jambi beserta tim. 

Razia yang digelar Lapuanja ini sebagai langkah progressive tindak lanjut atas maraknya pengaduan terhadap lapas/rutan terkait peredaran narkoba, penipuan online, dan pungli. Lebih itu agar selalu tercipta Zero Halinar di Lapuanja. 

"Kami mengundang rekan-rekan dari aparat penegak hukum yakni BNN provinsi, Polres Muarojambi, Koramil Sengeti dan Ibu Kepala Divisi Pas beserta tim. Hal ini merupakan bentuk sinergitas dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan Lapas Perempuan Jambi," ujar Kalapas  Susi Andriany Pohan kepada wartawan.

"Kami meminta bantuan rekan- rekan sekalian untuk membantu kami melaksanakan razia agar selalu tercipta Zero Halinar di Lapas Perempuan Jambi," imbuhnya. 

Pada razia tersebut petugas gabungan melakukan pemeriksaan  secara menyeluruh di area kamar blok hunian. Warga binaan mulai dari kamar 1 hingga kamar 16 tanpa terkecuali dikumpulkan di aula blok hunian. 

Selesai melaksanakan penggeledahan dilakukan test urine bagi 15 warga binaan lapuanja yang dipilih secara acak.

"Dari hasil tim keswat Lapuanja,  15 warga binaan yang ditest hasilnya negatif," kata Susi.

Kegiatan razia gabungan dan test urine bagi warga binaan Lapas Perempuan Jambi berjalan dengan baik dan tertib.

Razia dilaksanakan guna mencegah masuknya barang-barang terlarang seperti Narkoba , Sajam , dan Handphone dalam mewujudkan Lapaunja Bersinar (Bersih dari Narkoba). Kemudian mencegah gangguan keamanan dan ketertiban di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Jambi dan menjaga Lapuanja agar tetap Zero Halinar.(*)