Wujudkan IKM UMKM Handal, Pj Bupati Muarojambi Minta Dekranasda Konsisten Bina Perajin Kriya

SWARAJAMBI.ID, MUAROJAMBI – Pj Bupati Muarojambi Bachyuni Deliansyah memberi apresiasi kepada Dewan Kerajinan Nasional daerah (Dekranasda) Kabupaten Muarojambi yang konsisten membina perajin kriya. Dampak pembinaan itu membuat pelaku industri kecil menengah (IKM) dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)  dapat menjadi handal dalam produksi .

"Hasil produksinya diminati oleh masyarakat Indonesia," ujar Pj Bupati Bachyuni saat membuka pelatihan anyaman dan perca Dekranasda Kabupaten Muarojambi di Hotel Shangratu, Kota Jambi, Sabtu, 11 November 2023.

Pj Bupati Muarojambi juga menyatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Muarojambi komitmen untuk mendukung upaya pemberdayaan masyarakat. "Kita tetap komit, terus mendukung pelaku IKM dan UMKM," ujar Bachyuni.

Sementara ketua dekranasda Kabupaten Muarojmbi Faradillah Zahara Bachyuni  mengatakan berdasarkan hasil kunjungan dan monitoring kerajinan yang ada di Kabupaten Muarojambi, ternyata anyaman dan perca  sangat potensial untuk dikembangkan. Karena itu Dekranasda memprogram pelatihan kedua jenis kriya ini. 

Faradillah juga menyampaikan fokus kegiatan Dekranasda dalam dua tahun belakangan adalah meningkatkan kompetensi perajin kriya. 

"Melakukan terobosan untuk mutu atau kualitas SDM perajin. Disamping tentu melakukan upaya promosi dan menciptakan usahawan generasi muda untuk dilakukan pelatihan," katanya. 

Ketua panitia Supriati Budhi Hartono  dalam laporannya menyampaikan peserta pelatihan anyaman sebanyak 20 orang dan peserta pelatihan perca juga 20 orang dari berbagai desa dalam Kabupaten Muarojambi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perajin anyaman dan perca sehingga mampu bersaing di pasar lokal dan nasional.

"Nara sumber pelatihan Anyaman yang kami datangkan adalah Bapak Vinto B Efendi Pelaku IKM UMKM Nasional dan Sheka Harning, pelaku IKM UMKM perca," ujarnya. 

Kegiatan yang dilaksanakan dari 11 hingga 13 Nopember 2023 itu dipusatkan di Hotel Shangratu kota Jambi dengan dibagi menjadi dua kelas.(*)