16 OPD Dapat Piagam, Pemkab Muarojambi Launching DPA SKPD Tahun Anggaran 2024

Kadis Kominfo Muarojambi Faisal menerima piagam penghargaan dari Pj Bupati Muarojambi yang telah menyelesaikan dan menyerahkan DPA secara tepat waktu.

——————————

 SWARAJAMBI, ID, MUAROJAMBI – Pemerintah Kabupaten Muarojambi melaunching penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Tahun Anggaran 2024. Penyerahan DPA ini dilaksanakan di aula Rumah Dinas Bupati Muaro Jambi, Jumat, 12 Januari 2024.

Pj Bupati Muarojambi Bachyuni Deliansyah hadir pada launching penyerahan DPA tersebut. Pj Bupati menyerahkan DPA kepada masing-masing Kepala OPD di lingkup Pemerintahan Kabupaten Muarojambi. 

Dihadapan para Kepala OPD, Bachyuni mengingatkan para Kepala OPD yang sudah diberikan DPA-nya, agar dapat bekerja sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Bachyuni juga mengatakan penyerahan DPA-SKPD tahun anggaran 2024 ini, jangan dimaknai sebagai penyerahan simbolik dan seremonial belaka. Akan tetapi hal ini adalah langkah awal pelaksanaan dan pedoman bagi masing-masing SKPD untuk melaksanakan kegiatan di tahun anggaran 2024.

"Harapan saya, harapan kita bersama untuk melakukan program yang menyentuh kepada masyarakat,” katanya.

Bachyuni Deliansyah menjelaskan tersusunnya DPA-SKPD ini merupakan salah satu bentuk kinerja yang baik dan tentunya menjadi bahan penilaian serta evaluasi. Oleh karena itu sebagai bentuk apresiasi daerah kepada SKPD, diberikan penghargaan kepada SKPD yang terbaik dan tercepat dalam penyelesaian DPA-SKPD secara tepat waktu sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah.

“Rencana pendapatan yang tertulis di DPA merupakan target minimal. Artinya, masing-masing SKPD harus bisa merealisasikan target yang direncanakan sampai seratus persen syukur dapat melampau target,” katanya.

Sementara Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Muarojambi sekaligus Ketua Panitia Pelaksana Alias menyampaikan ada beberapa OPD yang mendapatkan piagam penghargaan karena telah menyelesaikan dan menyerahkan DPA secara tepat waktu. “Ada 16 OPD yang tercepat dan tepat waktu, diberikan piagam penghargaan oleh Pj Bupati,” kata Alias.(*)



Penulis: Darmanto Zebua