Besok, KONI Muarojambi Buka Pendaftaran Balon Ketua Umum Periode 2024-2028, Ayo Daftar!

Hendri Hutabarat


SWARAJAMBI.ID, JAMBI — Kepengurusan karateker Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Muarojambi akan membuka pendaftaran calon kandidat  Ketua KONI periode 2024-2028  yang akan bertarung dalam musyawarah olahraga Kabupaten Luar Biasa  (Musorkablub) pada 17 Februari 2024. Penerimaan pendaftaran dan pengambilan formulir bakal calon Ketua Umum KONI Muarojambi juga telah ditetapkan waktunya. Yakni dimulai tanggal 29 Januari  sampai 7 Februari 2024 pada jam kerja dari pukul 10.00 – 16.00 WIB di Kantor Sekretariat KONI Provinsi Jambi, Pasar Jambi.

"Besok, Jumat, 19 Januari 2024, resmi kita umumkan. Ini terbuka untuk umum. Siapa saja boleh ikut, mendaftar.. Terpenting,  memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan," ujar ketua karateker  KONI Muarojambi, Hendri Hutabarat, Kamis (18/1/2024).

Hendri menuturkan, materi persyaratan bagi calon telah disiapkan oleh pihaknya. Adapun persyaratan kriteria yang harus dipenuhi oleh bakal calon Ketua KONI yang baru berupa kriteria khusus dan umum. 

"Agar kita mendapatkan bakal calon yang kompeten," ujar Bang Boy (sapaan akrab Hendri Hutabarat).

"Balon ketua KONI Kabupaten Muarojambi harus melengkapi persyaratan dokumen-dokumen yang telah ditetapkan," imbuhnya.

Wakil ketua umum dua KONI Jambi itu, kembali  menjelaskan, mekanisme pencalonan bakal calon ketua umum KONI Kabupaten Muarojambi antara lain yaitu, bakal calon ketua umum mendaftarkan langsung kepada TPP dengan mengisi formulir sesuai model yang ditetapkan TPP disertai berkas-berkas kelengkapannya.

“Waktu pendaftaran sesuai waktu yang ditetapkan oleh TPP. Dukungan tertulis kepada bakal calon ketua umum KONI masa bakti 2024 – 2028 dari Cabor minimal 12 Cabor. Tentunya  kepengurusannya masih berlaku dan tidak bermasalah hukum, disampaikan melalui surat pernyataan dukungan sesuai model formulir yang ditetapkan,” terang Hendri.

"Cabor yang masanya habis segera melaksanakan muskab atau memperpanjang, biar punya hak suara. Bagi cabor yang masanya habis tidak punya hak suara dan hanya sebagai peninjau dalam pelaksanaan musorkablub KONI Muarojambi," tambahnya

Pihaknya  telah menyusun jadwal tahapan penjaringan. Di antaranya sosialisasi ketentuan persyaratan bakal calon dan atau calon ketua umum KONI tanggal 19 sampai 29 Januari 2024.

“Pengembalian formulir dan berkas pendaftaran  di tanggal 8-12  Februari. Kemudian kita akan melakukan verifikasi dan validasi data berkas bakal calon dan atau calon ketua umum KONI Kabupaten Muarojambi, dari tanggal 13 sampai 14 Februari 2024,” papar dia.

Selanjutnya penyampaian hasil verifikasi kepada balon, di tanggal 15 sampai 16 Februari 2024. Penyampaiannya melalui surat TPP. 

“Undangan kepada calon ketua umum KONI yang memenuhi persyaratan wajib hadir pada Musorkab tahun 2024 tanggal 17 Februari 2024. Di hari itu juga penyampaian laporan hasil kerja secara tertulis TPP pada sidang paripurna Musorkab," kata Hendri.

Informasi lengkap terkait penjaringan dan penyaringan calon ketua umum KONI bisa didapat di Kantor Sekretariat KONI Provinsi Jambi, Pasar Jambi.


Syarat Pendaftaran Calon Ketua KONI Muarojambi:


1. Surat Pernyataan bakal calon ( formulir 1 ).

2. Daftar Riwayat Hidup bakal calon ( formulir 2 ).

3. Visi dan misi bakal calon ( formulir 3 ).

4. Pernyataan domisili di Provinsi Jambi (formulir 4)

5. Pernyataan dukungan dari cabor (formulir 5)

6. Lampiran persyaratan administrasi yaitu fotocopy Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) elektronik, fotocopy kartu keluarga, dan fotocopy ijazah pendidikan terakhir,.

7. Surat Keterangan berbadan sehat.

8. Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).


“Dokumen pendaftaran dibuat dua rangkap, satu rangkap asli dan satu rangkap fotocopy,” kata Hendri Hutabarat.(*)