Desa Bajubang Laut Jadi Kampung Pengawasan Partisipatif, Begini Tanggapan Pemkab Batanghari


 SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Bupati Batanghari M Fadhil Arief menyambut baik dengan terpilihnya Desa Bajubang Laut yang masuk program pengembangan kampung pengawasan partisipatif dari Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu) Provinsi Jambi. Bupati berharap, Desa Bajubang Laut bisa menjadi contoh desa yang lainnya.

Hal itu disampaikan Asisten l Kabupaten Batanghari Muhammad Rifa’i saat menghadiri acara pembukaan pengembangan Kampung Pengawasan Partisipatif di Desa Bajubang Laut, Kecamatan Muarabulian, Selasa, 30 Januari 2024. 

"Pemilu adalah milik kita semua. Pembelajaran kecilnya nanti semua melakukan pengawasan partisipatif bukan hanya di Pemilu dan Pilkada saja, namun termasuk Pilkades," ujar Rifa’i. 

"Semoga kegiatan pengembangan kampung pengawasan partisipatif di Desa Bajubang Laut menjadi contoh bagi kelurahan dan desa yang ada di Kabupaten Batanghari dalam rangka menyambut dan mengawasi secara langsung Pemilu yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 yang akan Datang," sambungnya.

Acara tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan Kampung Pengawasan Partisipatif oleh Ketua Bawaslu Provinsi Jambi Wein Arifin. Kemudian penyerahan plakat oleh Asisten l Batanghari kepada Ketua Bawaslu Provinsi Jambi dan deklarasi penanda tanganan desa tolak politik uang.

Pengembangan Kampung Pengawasan Partisipatif di Desa Bajubang Laut ini turut dihadiri Ketua Bawaslu RI periode 2017 – 2022 Abhan, Ketua Bawaslu Provinsi Jambi Wein Arifin, beserta anggota, Forkopimda, Camat se-Kabupaten Batanghari, Ketua KPU Kabupaten Batanghari, Ketua Bawaslu Kabupaten Batanghari beserta Anggota, Kepala Desa Bajubang Laut Ediyanto, Kepala Desa se-Kabupaten Batanghari, dan para undangan lainnya.(*)




Penulis: Edwardi