Hari Ini! Pendaftaran Bakal Calon Ketua Umum KONI Kabupaten Muarojambi Resmi Dibuka

TPP KONI Kabupaten Muarojambi siap melaksanakan tugas mencari orang nomor satu di induk olahraga Negeri Sailun Salimbai.

—————————

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Pendaftaran calon ketua umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Kabupaten Muarojambi resmi dibuka mulai hari ini, Senin, 29 Januari 2024. Selama kurang lebih 10 hari, Tim Penjaringan dan Penyaringan (TPP) memberikan waktu pendaftaran bagi calon yang berhasrat maju menjadi orang nomor satu di induk olahraga Negeri Sailun Salimbai ini. 

Pembukaan pendaftaran itu disampaikan langsung ketua TPP  KONI Muarojambi, H Mumtaz Mona di KONI Jambi. 

"Hari ini kami Tim Penjaringan dan Penyaringan Calon Ketua Umum KONI Muarojambi masa bakti 2024-2028 menyampaikan membuka ruang untuk bapak/ibu semuanya yang punya motivasi, dedikasi dan loyalitas untuk  membangun dunia olahraga di Kabupaten Muarojambi. Terbuka artinya kepada siapa saja yang berminat dan berkeinginan menjadi ketua KONI, sesuai syarat yang ditentukan," kata Mumtaz Mona.

H Mumtaz Mona

Untuk pengambilan formulir  bisa diambil langsung oleh bakal calon (balon) di Sekretariat TPP KONI Kabupaten Muarojambi di KONI Provinsi Jambi pada setiap hari kerja (Senin-Jumat) pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB.

"Namun, jika yang bersangkutan berhalangan hadir formulir bisa diambil perwakilan, namun dengan syarat melampirkan surat kuasa,” sambung Mumtaz Mona.

"Kita telah menyiapkan semua formulirnya, juga ada dalam bentuk PDF. Kami (TPP) stanbay disini (sekretariat) untuk menerima siapa pun bakal calon ketua umum KONI Muarojambi yang akan mengambil formulir dan berkas pendaftaran," kata Mumtaz Mona lagi. 

Apakah ada biaya pendaftaran untuk balon ketua umum? Dengan tegas, Mumtaz Mona menyatakan ada. Biaya pendaftarannya sebesar Rp 15 juta.  

"Bakal calon ketua umum harus bayar uang pendaftaran ke TPP sebesar Rp 15 juta. Uang itu disetor saat pengambilan formulir yang telah disiapkan oleh TPP," terangnya.

"Uang pendaftaran itu tidak dapat dikembalikan lagi," imbuhnya.

Dalam pengambilan formulir, ada lima formulir disatukan dalam berkas yang diambil bakal calon. Pertama tentang surat pernyataan permohonan  pencalonan sebagai calon ketua umum, surat  dukungan calon ketua umum, surat visi dan misi, pernyataan domisili, dan daftar riwayat hidup.

“Terkhusus pengembalian formulir, wajib diserahkan langsung oleh bakal calon yang menjadi ketua umum dan tidak boleh diwakilkan,“ ujar Mumtaz Mona.

Surat dukungan yang dibawa harus asli, ditandatangani ketua cabor  yang masa kepengurusannya masih berlaku atau masih aktif. 

"Surat dukungan dari anggota KONI Kabupaten Muarojambi minimal 30 persen atau 12 cabor. Dukungan cabor, harus cap basah," kata Mumtaz Mona.

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, TPP akan menerima pengembalian formulir pendaftaran dari bakal calon ketua umum pada tanggal 8-12 Februari 2024. Setelah pengembalian formulir, tim akan segera memverifikasi berkas balon pada tanggal 13 sampai dengan 14 Februari 2024 mendatang. Setelah itu barulah rapat internal tim dilangsungkan untuk menetapkan calon Ketua KONI Kabupaten Muarojambi masa bakti 2024-2028. 

Ketua karateker  KONI Muarojambi, Hendri Hutabarat menambahkan dukungan cabor tersebut dukungan tertulis kepada bakal calon ketua umum KONI Muarojambi masa bakti 2024 – 2028. Tentunya  kepengurusannya masih berlaku dan tidak bermasalah hukum.

"Cabor yang masanya habis segera melaksanakan muskab atau memperpanjang, biar punya hak suara. Bagi cabor yang masanya habis tidak punya hak suara dan hanya sebagai peninjau dalam pelaksanaan musarkablub KONI Muarojambi," pungkasnya.(*)