Komitmen Perhatikan Sektor Pertanian , Bupati Fadhil Serahkan Bantuan Alsintan ke Kelompok Tani

Bupati Batanghari M Fadhil Arief menyerahkan secara simbolis bantuan Alsintan kepada kelompok tani.

—————————

SWARAJAMBI.ID, MUARABULIAN – Bupati Batanghari M Fadhil Arief menyerahkan  secara simbolis bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani di Kabupaten Batanghari di alun-alun rumah dinas Bupati Batanghari pada Senin, 29 Januari 2024. Bantuan tersebut berupa hand traktor, pompa air, cultivator dan power thereser. 

Penyerahan bantuan Alsintan untuk kelompok tani yang tersebar di  kecamatan se-Kabupaten Batanghari itu disaksikan Kepala Dinas Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (PPP) Batanghari Fahrizal.

Bupati Fadhil mengatakan bantuan Alsintan  ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan dengan harapan bisa meningkatkan produksi serta produktivitas dari hasil pertanian dengan mengedepankan moderenisasi dan optimalisasi pertanian.

"Sebagai upaya percepatan mekanisasi dan distribusi sarana pertanian dalam rangka peningkatan produksi pangan dan mendukung pengendalian inflasi daerah," ujar Bupati Fadhil.

"Sektor pertanian menjadi sektor yang strategis di tengah ancaman krisis pangan serta perubahan iklim global seperti yang terjadi saat ini," sambungnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Fadhil juga berharap kedepan sebagian wilayah yang mempunyai lahan persawahan lebih efektif dan efisien dalam menggarap kembali lahan persawahannya untuk kembali ditanami padi. Hal ini agar Batanghari dapat menjadi swasembada pangan khususnya di wilayah Kabupaten Batanghari.

"Pemerintah kabupaten Batanghari melalui Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan agar terus melakukan perhatian khusus kepada petani melalui PPL tangguh yang sudah ada," katanya.

Lebih lanjut Fadhil turut menjelaskan kedepan bagaimana caranya warga Kabupaten Batanghari tidak lagi ketergantungan dengan beras yang disuplai oleh Bulog. "Kedepan warga yang ada dapat membeli beras  dari para petani yang ada di Batanghari. Termasuk sayur mayur dan kebutuhan lainnya," tutupnya.

Kepala Dinas PPP Kabupaten Batanghari, Farizal mengatakan, dalam mempercepat musim tanam dan meningkatkan produksi pertanian maupun perikanan, pihaknya telah menyiapkan 122 orang PPL se Kabupaten Batanghari.

" Kita juga Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) plus PPL Swadaya sebanyak 50 orang dan menyiapkan 11 orang Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Perikanan dan Swadaya untuk membantu para petani," katanya.

Petani yang mendapat bantuan diantaranya, 4 Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank 9 Jambi,12 orang menerima hand traktor, 6 orang cultivator, empat power thereser dan 5 pompa air.(*)


 Penulis: Edwardi