Sekda Sapril Panen Cabai di KTM


 SWARAJAMBI.ID, MUARASABAK — Sekda Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur), Sapril, melaksanakan panen Cabai kebun masyarakat yang berlokasi di Kota Mandiri Terpadu (KTM), Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjab Timur.

Sekda didamping Kepala Dinas Tanman dan Hortikultura, Sunarno, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Fajar Alamsyah dan Tim Pengendali Inflasi Daerah(TPID) Kabupaten Tanjab Timur dan petani mandiri melakukan panen bersama cabai merah besar dan cabai merah keriting di lahan pertanian, Selasa (13/2/2024). 

Meski telah melakukan panen, Sapril mengatakan sebagai pembinaan pada petani dan juga cabai termasuk penyuplai inflasi tertinggi. 

Upaya pengendalian inflasi dilakukan dari pemerintah pusat, propinsi dan Kabupaten Tanjab Timur yang secara rutin melakukan gerakan bazar murah ataupun gerakan pangan murah. Selain itu dalam upaya menurunkan inflasi daerah, juga bekerjasama dengan daerah produsen penghasil tanaman pangan.

“Namun yang menjadi tantangan adalah ketika daerah produsen mengalami masalah serangan hama sehingga membuat berkurangnya produksi yang juga mendorong lonjakan harga,” katanya.

Salah satu upaya mengendalikan adalah dengan menanam, kenapa harus menanam cabai, salah satunya karena jika tidak menanam maka akan bergantung pada daerah produsen, jadi kalau daerah produsen barangnya terbatas, harga jualnya mahal dan kita tidak punya harga, tukas Sekda Sapril.(*) 



Pewarta: Erikno