Serahkan DPA OPD, Sri : Geliatkan Ekonomi Kota Jambi

Pj Walikota Jambi Sri Purwaningsih (tengah).


SWARAJAMBI.ID, JAMBI —Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih serahkan secara simbolis Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi, bertempat di Aula Bappeda Kota Jambi, Senin pagi (8/1/2024).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah A. Ridwan, Asisten Sekda, Staf Ahli Wali Kota, Kepala OPD Pemkot Jambi, Kabag dan seluruh Camat.

Sri dalam sambutannya menekankan pentingnya pengesahan dan penyerahan DPA-OPD pada awal tahun anggaran 2024 sebagai hasil dari keselarasan dan ketepatan waktu dalam proses perencanaan dan penganggaran yang telah dilaksanakan. 

DPA-OPD menjadi dokumen awal dalam rangkaian proses pelaksanaan APBD Kota Jambi tahun anggaran 2024 yang merinci rencana pendapatan, belanja, dan pembiayaan beserta sub rinciannya, yang akan menjadi dasar pelaksanaan anggaran oleh pengguna anggaran.

"Dengan telah diserahkannya DPA-OPD tahun anggaran 2024, saya mengimbau kepada seluruh kepala perangkat daerah untuk dapat bekerja keras dan serius dalam mencapai target program, kegiatan, dan sub kegiatan yang telah ditetapkan dalam DPA OPD masing-masing. Segera laksanakan proses pengadaan barang dan jasa, dan lakukan perikatan serta penandatanganan kontrak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan baik, tertib, dan akuntabel," tegas Sri.

Sri berharap bahwa dengan APBD Kota Jambi tahun 2024 senilai 1,9 Triliun Ini bisa memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat.

"Misalnya OPD mau menggelar rapat di hotel maupun belanja-belanja lainnya, maka saya harapkan ini bisa mengangkat ekonomi masyarakat kota Jambi," ujarnya.

Birokrat Kemendagri itu katakan bahwa, realisasi penggunaan anggaran dan belanja daerah harus dipercepat.

"Silahkan dibuat acuan kerjanya dan jadwal pelaksanaannya. Intinya dari Januari sampai Desember itu sudah terukur apa-apa saja yang mau dilakukan, termasuk juga besaran anggarannya. Jangan lagi menumpuk di akhir tahun," pinta Sri.

Dia juga meminta program-program strategis nasional turut menjadi perhatian para OPD dan Camat di kota Jambi. 

"Program prioritas Kota Jambi juga harus dituntaskan. Jadi, secara administrasi juga harus segera di percepat misalnya membentuk kuasa penggunaan anggaran, pejabat pembuat komitmen bendahara juga perlu segera disiapkan supaya penggunaan anggaran bisa langsung menggelinding petugas untuk lelangnya juga segera dibentuk supaya bisa segera dilakukan pelelangan dan nantinya pekerjaan bisa selesai tepat waktu," jelas Pj. Wali Kota wanita pertama di Kota Jambi itu.

Sri juga meminta kepada seluruh jajarannya untuk terus menjaga determinasi dan kinerja agar Pemkot Jambi terus konsisten meraih prestasi.

"2023 sudah begitu banyak prestasi kita raih, maka di 2024 ini jangan kita terganggu dengan dinamika politik yang ada di Kota Jambi ini. Saya ingin dalam momentum politik itu justru kita ambil sebagai kesempatan untuk memastikan manakala daerah yang lainnya lengah dan larut dalam kondisi situasi politik maka di Kota Jambi saya minta untuk tetap berfokus membangun dan bekerja untuk pelayanan masyarakat." pungkas Sri.(*)




Penulis: Rijal