Terpaksa Kerahkan Alat Berat Evakuasi Sampah Yang Membludak di TPS Kebun Kopi


 SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Satu alat berat diturunkan untuk ‘mengevakuasi’ sampah yang menumpuk di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kebun Kopi, Thehok, Jambi Selatan, Kota Jambi.

Sebab, hingga Kamis 4 Januari 2023  sampah masih terlihat menumpuk di sana. Bahkan hingga memenuhi sebagian badan jalan Jalan Raden Wijaya, Kebun Kopi, Kelurahan Thehok, Kecamatan Jambi Selatan.

Alat berat ini diperbantukan Dinas PUPR Kota Jambi. selain alat berat, 2 armada sampah milik DLH Kota Jambi juga diturunkan.

Tak hanya itu, disebutkan Camat Jambi Selatan, Alfin Jalil mengatakan, sejak 2 hari belakangan ini, lokasi tersebut dijaga petugas gabungan.

Baik dari Kecamatan Jambi Selatan, Kelurahan Thehok maupun Satpol PP Kota Jambi.

“Tujuannya tentu saja agar memberikan kesadaran kepada masyarakat, mengenai tempat yang pas untuk membuang sampah,” terangnya.

Sebab, di TPS kontainer sampah tersebut telah tertulis, hanya diperbolehkan membuang sampah pada pukul 18.00 WIB hingga 08.00 WIB.

Namun faktanya, masih banyak, baik masyarakat maupun pedagang Pasar Kebun Kopi membuang sampah di luar jam tersebut.

Beberapa masyarakat yang ingin membuang sampah pun, terpaksa harus memungut kembali sampah yang dibuang lantaran larangan tersebut.

“Meski ada beberapa yang harus bersitegang dengan kami. Kami ingin menumbuhkan kesadaran,” kata Alfin Jalil.

Alfin Jalil pun tak menutup informasi, bahwa selama kegiatan monitoring tersebut, pihaknya telah menindak dengan tegas para pelanggar.

“Kemarin ada 2 orang yang kita tindak. Sudah kita serahkan ke DLH Kota Jambi untuk tindaklanjutnya, baik mengenai denda ataupun lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Jambi, Muhilli Amin yang ikut memantau monitoring pengawasan sampah juga berharap bahwa, akan timbul kesadaran masyarakat mengenai aturan yang berlaku.

“Kami juga minta ke pihak yang berwenang untuk tindaklanjuti masalah sampah ini,” kata dia.

“Termasuk pihak kecamatan agar serius menanggulangi permasalahan sampah dibantu dengan DLH kota Jambi,” harapnya.(*) 




Penulis: Rijal