Buka Pelatihan TRC, Begini Harapan Pj Bupati Bachyuni Kepada Peserta

Pj Bupati Muarojambi Bachyuni Deliansyah memimpin upacara pembukaan pelatihan TRC penanggulangan bencana.

--------------------------------


SWARAJAMBI.ID, MUAROJAMBI – Pj Bupati Muarojambi Bachyuni Deliansyah langsung memimpin upacara pembukaan pelatihan Tim Reaksi Cepat (TRC) yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muarojambi, Rabu (28/2/2024). Upacara yang berlangsung di lapangan kantor BPBD Muarojambi itu diikuti 101 peserta. 

Dalam arahannya, Pj Bupati Bachyuni mengatakan TRC adalah ujung tombak dalam penanggulangan bencana terutama dalam masa tanggap darurat. Sebab TRC adalah pihak yang pertama kali melakukan kaji cepat segera setelah terjadi becana.

"TRC akan melakukan pengkajian secara cepat dan tepat dalam waktu tertentu. Seperti mengidentifikasi cakupan lokasi bencana, jumlah korban, kerusakan prasarana dan sarana, gangguan terhadap fungsi pelayanan umum dan pemerintahan. Juga harus mengetahui kemampuan sumber daya alam maupun buatan," katanya.

"Kemudian memberikan saran yang tepat dalam upaya penanganan bencana. Makanya TRC itu ujung tombak," sambungnya.

Bachyuni meminta dalam pelatihan TRC, pelatihannya tidak hanya satu arah dari narasumber. "Pelatihan harus lebih kepada diskusi dan studi kasus, sehingga kemampuan TRC terasah dengan baik," katanya.

Kepada peserta pelatihan, Pj Bupati Bachyuni menginginkan kompetisi sesama peserta. Hal itu agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

"Yang namanya bencana tidak mengenal waktu, tidak mengenal tempat, dan kejadiannya bisa datang secara tiba-tiba. Kalau TRC tidak siap, maka bencana akan banyak memakan korban. Makanya harus ada kompetisi dalam pelatihan ini," katanya.(*)



Pewarta : Darmanto Zebua