Hari Tenang, Bawaslu Batanghari Tertibkan APK yang Masih Terpasang

APK Pemilu yang berhasil ditertibkan Bawaslu Batanghari pada hari tenang sejak Minggu.

———————

SWARAJAMBI.ID, MUARABULIAN — Bawaslu Batanghari memanfaatkan hari tenang dengan menertibkan seluruh alat peraga kampanye (APK) Pemilu yang masih terpasang di Kota Muarabulian dan sekitarnya. Penertiban APK berbentuk spanduk, baliho dan lainnya itu dilakukan sejak Minggu (11/2/2024).

Dari penertiban tersebut banyak APK yang diamankan  yang masih terpajang di pinggir-pinggir jalan.

Ketua Divisi Penangganan Pelanggaran dan Sengketa (PPS) Bawaslu  Batanghari Absor mengatakan penertiban APK secara massif dilakukan dengan melibatkan KPU, Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Perkim serta anggota Bawaslu sendiri. Pihaknya memastikan di hari tenang semua APK bersih dari wilayah Batanghari.

"Sudah dua hari, kita membersihkan APK dalam kota Muarabulian. Mulai berbentuk spanduk, baliho dan lainnya. Diperkirakan APK yang  tersebar berjumlah ribuan," ujar Absor disela penertiban, Senin (12/2/2024). 

Absor menambahkan penertiban ini dilakukan sebagai bagian dari proses memastikan ketaatan terhadap aturan yang mengatur masa tenang pemilu.

"Dengan adanya tindakan ini, diharapkan proses pemilihan umum dapat berjalan dengan lancar dan adil, serta masyarakat dapat menghargai dan mematuhi aturan yang telah ditetapkan," pungkasnya.

Di hari tenang ini, disamping APK bersih, tidak ada lagi kampanye dalam bentuk apapun.(*)




Penulis: Edwardi