Hasil Audit Arsip Memuaskan, Dinas Kominfo Terima Penghargaan dari Pj Walikota Jambi

Kepala Dinas Kominfo Kota Jambi Abu Bakar menerima penghargaan dari Pj Walikota Jambi atas hasil arsip memuaskan.

———————


SWARAJAMBI.ID, JAMBI - Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih mengapresiasi hasil Audit Kearsipan Perangkat Daerah di lingkungan Pemkot Jambi. Penghargaan atas Hasil Evaluasi Pengawasan Kearsipan Internal Tahun 2023 pada Perangkat

Daerah di lingkungan Pemkot Jambi itu diumumkan, saat Pj Wali Kota Jambi memimpin apel peningkatan disiplin ASN Pemkot Jambi, Senin 5 Februari 2024.

Dari audit pengawasan kearsipan internal yang dilakukan terhadap 39 OPD tersebut, diperoleh peringkat Sangat Memuaskan sebanyak 3 OPD, Memuaskan 10 OPD, Sangat Baik 8 OPD, Baik 12 OPD, Cukup 4 OPD, sementara Kurang 2 OPD.

Dari hasil itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) meraih peringkat ke 1, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) meraih peringkat ke 2.

Sementara Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) berada pada posisi ke 3, disusul Sekretariat Daerah (Setda) pada posisi ke 4, sementara Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) bersama Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), masing-masing berada pada peringkat ke 5 dan 6.

"Saya mengucapkan selamat dan mengapresiasi perangkat daerah yang telah mengimplementasikan sistim pengelolaan Kearsipan di lingkungan OPD nya dengan sungguh-sungguh dan bertanggung jawab, mengingat salah satu tugas negara adalah memastikan arsip negara dapat terlindungi dan terselamatkan untuk    kepentingan pemerintahan, pelayanan publik, dan kesejahteraan rakyat," ujar Sri Purwaningsih.

Dikatakan Pj Wali Kota Jambi itu, tata kelola arsip   dibutuhkan untuk melestarikan nilai guna dan peruntukannya sebagai sumber informasi yang sah.

Dalam mendukung kegiatan administrasi yang akuntabel dan transparan yang memainkan peran penting dalam pengembangan masyarakat dengan cara menjaga dan membantu memori individu maupun kolektif.

“Tetap semangat berjuang merubah paradigma  pengelolaan kearsipan dari suatu kewajiban menjadi sebuah kebutuhan, karena tata kelola arsip yang efisien dan efektif tentu akan membawa dampak positif bagi suatu unit kerja," tambahnya.

Pada apel tersebut, Sri kembali meminta jajarannya untuk terus meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Dia menyebut, dalam konteks penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan publik, jajarannya harus bergerak lebih cepat, lebih keras, dan lebih cerdas lagi untuk terus berkinerja yang melampaui ekspektasi masyarakat dengan lebih atraktif, kreatif, inovatif, koordinatif, dan kolaboratif.

“Selaku Pj Wali Kota, saya selalu kembali mengajak bapak lbu saudara-saudara semua untuk terus berkinerja, melayani dan menghasilkan sesuatu yang melampaui ekspektasi masyarakat. Untuk mewujudkan itu semua, tentu kita harus lebih atraktif, kreatif, inovatif, koordinatif, dan kolaboratif lagi kedepannya,” sebut Sri.(*)



Penulis: Rizal