Ini Tiga Lokasi Pasar Bedug Yang Dikelola Pemkot Jambi

Dinas Perindag Kota Jambi telah membuka pendaftaran bagi pedagang yang ingin berjualan di Pasar Bedug yang dikelola Pemkot Jambi.

—————————

SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Bulan suci Ramadan 1445 H/2024 segera tiba. Pasar Bedug juga akan bermunculan menyambut bulan penuh karomah itu. 

Bagi warga Jambi, Pasar Bedug sudah sangat familiar. Karena pasar musiman tersebut sangat dinanti masyarakat untuk membeli makanan dan minuman sebagai menu berbuka puasa.

Untuk di Kota Jambi, telah disiapkan tiga lokasi untuk gelaran pasar bedug yang dikelola Pemerintah Kota Jambi. Yakni di Jalan W R Supratman, Gang Siku dan kawasan depan Es Deddy Pasar atau seberang Hotel Duta Pasar Jambi.

Kabid Sarpras Disperindag Kota Jambi, Budi Setiawan mengatakan, pihaknya telah membuka pendaftaran bagi yang ingin berjualan di lokasi yang dimaksud.

“Sudah kita buka sejak kemarin (Minggu,red). Hingga kemarin (Minggu,red) sudah ada 12 pedagang di WR Supratman, Lamena 10 pedagang dan Duta 3 Pedagang,” jelasnya.

Budi menyebutkan, pendaftaran ini diperkirakan akan berlangsung hingga 5 Maret 2024 mendatang. Targetnya, akan ada 700-an pedagang berjualan di pasar bedug, yang dikelola pemerintah.

“Memang untuk di kawasan Saimen itu kita pindah kan ke depan Es Deddy atau seberang Hotel Duta,” timpalnya.

Dijelaskan Budi, pedagang yang ingin berjualan di sana tentu akan dikenakan tarif khusus. Yakni tarif retribusi pasar senilai Rp125 ribu, tarif kebersihan Rp30 ribu dan retribusi parkir senilai Rp20 ribu.

“Itu dikenakan selama 1 bulan, atau selama mereka membuka lapak di sana,” jelasnya.

Saat ini, pihaknya masih dalam persiapan. Baik tengah mendata maupun menginventarisir fasilitas dan keperluan pedagang

“Kewajiban pedagang ada, yakni retribusi pasar, kebersihan dan parkir itu yang harus dipenuhi,” tambahnya.

Lanjutnya, pihaknya hanya memfasilitasi lahan dan tenda untuk para pedagang nantinya berjualan.

“Kalau untuk lapak, meja dan lainnya itu, dibawa masing-masing dari pedagang,” tutupnya.(*)



Pewarta: Rizal