KPU Batanghari Musnahkan Surat Suara Lebih dan Surat Suara Rusak

KPU Batanghari musnahkan  surat suara Pemilu 2024 yang rusak hasil sortir dan surat suara lebih di halaman kantor KPU Batanghari.

————————

SWARAJAMBI.ID, MUARABULIAN — KPU Batanghari memusnahkan  surat suara Pemilu 2024 yang rusak hasil sortir dan surat suara lebih di halaman kantor KPU setempat, Selasa (13/2/2024). Pemusnahan surat suara tersebut dengan cara dibakar. 

Pemusnahan surat suara Pemilu 2024 ini disaksikan Wakil Bupati Batanghari H Bakhtiar, ketua Pengadilan Negeri Muarabulian, Kejari Batanghari, Kapolres Batanghari, Kodim  0415/Batanghari, Ketua Bawaslu Batanghari, dan organisasi perangkat daerah terkait. Wabup Bakhtiar bahkan ikut memusnahkan surat suara itu. 

Ketua KPU Batanghari, Ahmad Halim  saat dikonfirmasi mengatakan, memasuki H-1 pemungutan suara, sesuai dengan juknis pengelolaan logistik KPU, KPU Batanghari harus melakukan pemusnahan surat suara lebih dan surat suara rusak.

"Surat suara yang dimusnahkan  ini hasil sortir dan kelebihan surat suara Pemilu 2024. Dan memang ini harus wajib kita musnahkan sehari sebelum pemilihan serentak besok, 14 Februari," terang Ahmad Halim.

Adapun jumlahnya, ia beberkan dari semua jenis surat suara dengan total 368 lembar. Rinciannya surat suara Pilpres 31 lembar, DPD ada 12  lembar, 

DPR RI sebanyak 29 lembar, DPRD Provinsi sebanyak 267 lembar dan  DPRD Kabupaten Dapil 1 sebanyak 7 lembar, Dapil 2 ada  13 lembar,  Dapil 3 ada 1 lembar, dan Dapil 4 sebanyak 8 lembar.

Ahmad Halim juga  berterima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah membantu KPUD Batanghari untuk mensukseskan Pemilu yang damai di Kabupaten Batanghari. 

Wakil Bupati Batanghari H.Bakhtiar mewakili Bupati Batanghari memberi apresiasi kepada KPUD dan komisionernya. "Bupati percaya, KPUD adalah orang-orang yang berintegritas tinggi serta netral. Kinerjanya juga dapat dipertanggungjawabkan," ujar wabup.

Bupati Batanghari juga memberi apresiasi kepada Bawaslu Batanghari selaku pengawas jalannya Pemilu serentak. 

"Saya selaku Bupati Batanghari juga berterima kasih Kepada TNI dan Polri yang bersinergi dalam menjaga  keamanan dan kenyamanan masyarakat Batanghari dari proses awal Pemilu sampai akhir pencoblosan dan penghitungan hasil suara besok. Bisa menciptakan kondisi aman, nyaman dan terkendali," kata wabup mengakhiri sambutan Bupati Batanghari.(*)



Penulis: Edwardi