Raih Suara Terbanyak, Golkar Kuasai DPRD Kota Jambi

Ketua Bappilu Partai Golkar Kota Jambi Hendri Hutabarat 


SWARAJAMBI.ID, JAMBI –Target memenangkan pemilu legislatif yang dilontarkan Ketua Bappilu Partai Golkar Kota Jambi Hendri Hutabarat bukanlah pepesan kosong belaka. Berdasarkan hasil rekapitulasi internal dengan dasar formulir C1 Plano atau C hasil dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dikumpulkan Partai Golkar Kota Jambi, telah menempatkan partai berlambang pohon beringin sebagai pemenang di Kota Jambi dengan meraih suara terbanyak di DPRD Kota Jambi. 

Dengan kemenangan tersebut Golkar 'menguasai' kursi DPRD Kota Jambi dengan raihan 8 kursi. Yang awalnya hanya 4 kursi.

"Golkar Kota Jambi kembali  mencatatkan  sejarah penting, menjadi pemenang pemilu legislatif (Pileg) pada Pemilu 2024. Pemilu 2019 raihan kursi Partai Golkar hanya empat, tahun 2024 ini naik 100 persen, memperoleh delapan kursi," ujar Hendri Hutabarat yang ditemui Swarajambi.id, Rabu (21/2/2024).

"Yang membanggakan lagi, empat tambahan yang masuk di DPRD Kota Jambi adalah wajah baru. Yang belum pernah sama sekali menjadi anggota dewan," sambungnya. 

Budi Setiawan


Berhasil menguasai DPRD Kota Jambi, Hendri Hutabarat mengatakan tentu bukan pekerjaan mudah. Namun dengan ikhtiar maksimal, hasilnya sangat memuaskan. 

Hendri Hutabarat yang akrab disapa Bang Boy ini  pun berterima kasih kepada seluruh pengurus dan kader Golkar, ormas sayap, organisasi kepemudaan, simpatisan, tokoh masyarakat dan masyarakat Kota Jambi yang telah berjuang bersama dan memilih Golkar pada Pemilu 2024.

"Saya sebagai Ketua Bappilu mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kota Jambi yang telah memberikan kepercayaan besar kepada Golkar. Semoga suara rakyat ini adalah amanah bagi Golkar untuk mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kota Jambi," tutur Hendri.

Terkait target kursi  tersebut Hendri berterus terang dirinya telah membuat pernyataan mundur dari Golkar jika target itu tidak terealisasi. Pernyataan itu disampaikan Hendri pada kegiatan   pendidikan politik (Dikpol) dan rapat pimpinan daerah (Rapimda) DPD Partai Golkar Kota Jambi yang dibuka secara resmi oleh Ketua Partai Golkar Provinsi Jambi Cek Endra yang dilaksanakan di Hotel Golden Harves, Kota Jambi, pada Sabtu (16/12/2023) lalu.

"Saya komitmen, tidak tercapai mundur. Saya sampaikan pernyataan itu langsung dihadapan para caleg, Pak CE, dan Ketua Golkar Kota Jambi Budi Setiawan. Supaya semuanya serius dan fokus, tidak main-main," katanya. 


"Alhamdulillah, target akhirnya bisa direalisasikan dengan baik oleh kawan-kawan. Bahkan over target lagi," imbuhnya.

Hendri kemudian mengatakan perjuangannya belum selesai. Ia pun mengajak seluruh kader, simpatisan dan seluruh masyarakat Kota Jambi untuk mengawal hasil pemilihan hingga tahapan penerapan hasil pemilu.

"Mari kita kawal dan pastikan kemenangan ini sampai proses penetapan di KPU Kota Jambi," kata Hendri.

Dengan melebihi target perolehan kursi, Hendri menyatakan   kursi pimpinan di DPRD Kota Jambi akan ditempati kader Golkar.

"Dari delapan kader terbaik Golkar itu bakal mendapatkan kursi pimpinan di DPRD Kota Jambi," jelasnya. 

Apakah kemenangan Golkar ini akan punya dampak pada Pilwako Jambi? Hendri mengatakan sudah pasti. Pemilu Pileg ini tujuan akhirnya pada agenda besar tersebut. 


"Kita (Golkar) kan sudah ada calon walikota, yakni Budi Setiawan, ketua Golkar Kota Jambi, yang merupakan kader terbaik milik Golkar. Jadi, kita harus memajukan Budi Setiawan jadi Walikota jambi," ujarnya. 

Setelah pleno penghitungan suara di KPU Kota Jambi selesai, sambungnya, Budi Setiawan akan dideklarasikan menjadi calon walikota Jambi. Kemudian pihaknya bergerak  melakukan silaturrahmi ke seluruh partai yang ada di Kota Jambi. 

"Desakan dari bawah, semuanya meminta Budi Setiawan jadi calon Walikota Jambi dari Partai Golkar. Terus terang sejak dipimpin Budi Setiawan sebagai Ketua DPD Golkar Kota Jambi belum lama ini, banyak perubahan dan prestasi baik yang diukirnya untuk Golkar Kota Jambi," katanya.

Keberhasilan Golkar Kota Jambi ini akan dilaporkan secara resmi ke DPP Partai Golkar dan DPD Golkar Provinsi Jambi. Hal ini sesuai dengan perintah dari ketua umum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat berkunjung ke Jambi.(*)


Berikut nama-nama kader Golkar yang akan duduk di DPRD Kota Jambi yang merupakan hasil  Pemilu pada 14 Februari 2024 : 


Dapil 1 Kota Jambi

1. Joni Ismed


Dapil 2 Kota Jambi 

1. Efron Purba, SE


Dapil 3 Kota Jambi 

1. Kemas Farid Alfarelly⁩, SE

2. Dyah Kumala Dewi ZM, SH 


Dapil 4 Kota Jambi 

1. Rubi Salam

2. Saiful, SH


Dapil 5 Kota Jambi 

1. Agus Syafaruddin, SE., MM

2. Muhili Amin, SH