Gelar Pangan Murah, Pemkab Bungo Stabilkan Pasokan dan Harga Jelang Ramadan

Masyarakat memadati tenda GPM yang didirikan Dinas Ketahanan Pangan Bungo untuk membeli sembako murah.

———————

SWARAJAMBI.ID, MUARABUNGO — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bungo lewat Dinas Ketahanan Pangan menggelar gerakan pangan murah (GPM) selama tiga hari. Diadakannya GPM ini, untuk membantu masyarakat mendapatkan berbagai kebutuhan pokok dengan harga terjangkau jelang Ramadan 1445 Hijriyah.

Saat di konfirmasi kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bungo, Syofian Ma’as mengatakan gerakan pangan murah yang digelar di Sidrap bagian dari GPM serentak yang diprogramkan Indonesia.

"Gerakan pangan murah ini bagian dari gerakan pangan murah serentak Pemprov yang digelar tiga hari, mulai selasa hingga Kamis," ujarnya, Kamis (7/3/2024).

Syofian mengatakan gerakan pangan murah yang digelarnya dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan jelang Ramadan 2024 yang harganya menunjukkan mulai bergejolak.Ia pun mengaku jika kenaikan harga sekitar 10 persen untuk beberapa komoditasnya itu dianggapnya masih cukup wajar karena adanya permintaan yang meningkat.

Namun, pihaknya mewanti-wanti agar kenaikan untuk komoditas tertentu tidak terlalu besar agar daya beli masyarakat tetap terjaga.

Pada gelaran pangan murah itu, pihaknya menyiapkan beberapa kebutuhan pokok untuk dijual seperti beras medium yang dijual, minyak goreng gula pasir, terigu, bawang, cabe dan lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat kabupaten Bungo. 

"GPM diharapkan dapat menstabilkan pasokan dan harga pangan untuk pengendalian inflasi,Dengan gerakan pasar murah serentak ini, diharapkan tingkat inflasi dapat terkendali, ketersediaan pangan juga berkontribusi dalam penanganan stunting yang jadi perhatian pemerintah" ucapnya

Syofian Ma’as berharap, dengan diselenggarakannya gerakan pangan murah akan dapat memudahkan masyarakat mendapatkan akses terhadap kebutuhan pokok dengan harga yang relatif murah dan terjangkau.

“Semoga dengan kegiatan ini, masyarakat dapat terbantu untuk mendapatkan kebutuhan bahan pokok yang murah, apalagi jelang hari ramadan tahun 2024 yang beberapa hari lagi,”tutupnya.(*)



Pewarta: Lidia Ade Irma