Kelana Nusantara Hadir di Kota Jambi, Pj Walikota Inginkan UMKM Semakin Kuat

Pj Walikota Jambi Sri Purwaningsih menghadiri forum diskusi Kelana Nusantara yang  dibuka Menteri Parekraf Sandiaga Uno dan Gubernur Jambi Al Haris di Teanol Café.

——————


SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Program Kelana Nusantara yang digagas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) hadir di Kota Jambi. Pj Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih menghadiri langsung forum diskusi yang berfokus pada pengembangan sektor ekonomi kreatif yang digelar di Teanol Cafe, Kecamatan Jelutung, Minggu (17/3/2024). Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno didampingi Gubernur Jambi Al Haris.

Kelana Nusantara merupakan ajang untuk menyerap aspirasi dari para pelaku ekonomi kreatif. Forum ini, kata Pj Walikota Jambi, dijadikan sebagai wadah, menampung aspirasi dari bawah atau dikenal dengan istilah Bottom Up. Untuk nantinya dijadikan bahan masukan dan juga evaluasi untuk pengembangan sektor ekonomi kreatif kedepannya.

“Alhamdulillah, Kota Jambi kedatangan dua pembinanya, yakni Pak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Pak Gubernur Jambi, Al Haris,” ungkap Sri sesuai acara.

Dengan kehadiran Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno diharapkan Sri, dapat menjadi penyemangat pelaku UMKM yang ada di Kota Jambi.

“Saya harap, kehadiran Menteri ada wujudnya di Kota Jambi. termasuk saya sampaikan ke pak Gubernur, Kota Jambi ada Haul Pangeran Wirokusumo, yang juga akan kita jadikan kegiatan ekonomi kreatif nantinya,” bebernya.

Dengan adanya hal tersebut juga, Sri menginginkan agar UMKM di Kota Jambi semakin kuat dan tentunya mampu menjadi salah satu sektor penyumbang PAD.

“Kota Jambi masuk dalam jejaring Kota Kreatif Nasional, manfaatkan peluang kebersamaan Menteri, agar momentum silaturahmi ini secara optimal bermanfaat,” terangnya.

Menurutnya, Kota Jambi tidak banyak memiliki wisata alam. Namun ekonomi kratif lah yang mengungkit Kota Jambi.

“Dan dari sektor Ekraf itulah yang kemudian menjadi sumber PAD di Kota Jambi,” sebut nya.

“Kami berupaya untuk membuat Kota Jambi sebagai ibu kota provinsi, jadi garda terdepan Provinsi Jambi, maka membangun Kota Jambi gateway. Karena seluruh tamu yang berkunjung ke seluruh kabupaten/Kota di provinsi Jambi, kami fasilitasi menginap dan makan di Kota Jambi,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri Parwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan, para pelaku ekonomi kreatif Kelana Nusantara ini dihadirkan untuk memperkuat ekosistem ekonmi kreatif di Kota Jambi.

“Kita lihat ada potensi yang membuka peluang usaha. Ada 3 yang kita gagas, yakni Festival Batanghari, Arakan Sahur yang segera diluncurkan dan Festival Candi Muarojambi. Ini akan kita gas tingkatkan wisatawan,” bebernya.

Sementara Gubernur Jambi, Al Haris mengatakan, kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini, tentu menjadi spirit tersendiri bagi Provinsi Jambi. khususnya Kota Jambi.

“Bahwa Jambi merupakan provinsi yang sedang giat-giat nya meningkatkan ekonomi kreatif. Kita fokuskan untuk mendidik anak-anak muda berwirausaha dan ada nanti ekonomi kreatif emak-emak,” singkatnya.(*)



Pewarta: Rizal