Peringati HUT ke -105, Damkar Batanghari Sarat Kinerja Ditengah Keterbatasan

Kadis Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Batanghari Aminullah. 


SWARAJAMBI.ID, MUARABULIAN — Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Batanghari Aminullah memimpin langsung upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran (Damkar)  Nasional ke-105 yang dilaksanakan di halaman Kantor Damkar Kabupaten Batanghari, Selasa (5/4/2023). 

Dalam amanatnya, Aminullah  menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para jajaran, petugas, dan relawan Damkar dan Penyelamatan karena telah melaksanakan tugasnya dengan baik. 

Dia juga menekankan pentingnya peningkatan kualitas dan kuantitas personel Damkar ke depan.

Selesai upacara, Aminullah dan jajarannya bergerak menuju Panti Anak Yatim Piatu. Disini mereka berbagi kasih dengan  memberikan bingkisan. 

"Sebagai ucapan rasa syukur kami," ujar Aminullah.

Setelah itu Aminullah menggelar silaturrahmi bersama  jajaran, petugas, dan relawan di Kantor Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Batanghari. Dikemas dengan pemotongan tumpeng dan pemberian penghargaan kepada 10 orang relawan Damkar.

"Mereka aktif memberitahu  atau langsung ikut membantu pemadaman saat terjadi musibah kebakaran," ujar Aminullah sembari bersalaman.

Aminullah mengungkapkan pihaknya sudah mempunyai enam pos pemadaman kecamatan. Tiap pos diisi lima sampai enam personil.  Semuanya relawan Damkar.

"Kami latih selama setahun.  Karena prinsipnya kami Damkar "terlatih. Mereka  siap menerima laporan dan siap respon untuk bertindak," kata Aminullah.

"Hal ini sesuai dengan motto Damkar,  kami datang membantu karena kami datang bukan minta pertolongan. Ini juga sesuai dengan tema HUT damkar nasional ke 105, damkar penyelamat profesional, rakyat terlindungi," sambungnya.

"Pekerjaan kami juga  bukan memadamkan api saja. Juga menangani laporan gangguan  satwa liar yang membahayakan masyarakat. Termasuk membantu warga yang mengalami musibah. Jadi, kami bekerja  walau bukan tupoksi kami, tetap kami kerjakan demi kenyamanan masyarakat," imbuhnya.

Aminullah juga memberitahukan jumlah personelnya. Yang sekarang jumlahnya ada 300 orang lebih.

"Targetnya  600 personil. Karena inginnya, setiap desa  harus ada 5 personil," tuturnya.

Dari personel yang ada itu, Aminullah mengatakan 80 persen tenaga honorer dan P3K berjumlah 140 orang. Status itu di luar relawan yang ada. 

"Sekarang ini para relawan belum dilantik karena kendala masalah baju seragam. Karena mereka banyak," ujarnya. 

"Harapan kita, Pemda Batanghari agar tetap peduli kepada relawan Damkar. Dalam  hal BPJS tenaga kerja dan asuransi kesehatan jiwa mereka. Karena mereka bekerja dengan resiko tinggi. Hal itu sesuai pidato dan harapan Mendagri di Surabaya pada acara puncak HUT damkar nasional," pungkasnya.(*)



Pewarta: Edwardi