Pilkada Batanghari 2024, KPU Tunggu Dana Hibah Tahap Dua

Ketu KPU Batanghari Ahmad Halim


SWARAJAMBI.ID, MUARABULIAN - Setelah Pemilu 2024, kegiatan politik yang ada di depan mata ada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak menjelang akhir tahun. Pemerintah Kabupaten Batanghari  memberikan bantuan anggaran kepada KPU Batanghari untuk penyelenggaraan pilkada 2024 sebesar Rp 23,7 miliar. Penyaluran anggaran tersebut dilakukan secara bertahap melalui nota perjanjian hibah daerah (NPHD) yang digulirkan mulai tahun lalu.

"Kami sudah menerima 40 persen dana hibah tersebut atau sebesar Rp9,4 miliar di tahap pertama," ujar Ketua KPU Batanghari, Ahmad Halim, Senin (25/3/2024).

Untuk pencairan tahap kedua sebesar 60 persen lagi masih menunggu petunjuk teknis lebih lanjut.

"Kita lagi menunggu, kita belum melakukan permohonan pencairan tahap dua. Cuma kita sudah melakukan registrasi," jelasnya.

Lebih lanjut Halim menjelaskan bahwa dana hibah yang sudah diterima pada tahap pertama tersebut akan digunakan untuk seleksi badan Ad Hoc untuk pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah.

"Dana yang sudah masuk 40 persen itu akan kita gunakan nanti untuk seleksi badan Ad Hoc," ujarnya.

Selain KPU Batanghari, Bawaslu Batanghari juga telah menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) terkait dengan dana hibah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk tahun 2024. Bawaslu Kabupaten Batanghari akan menerima dana hibah sebesar Rp8,9 miliar.(*)



Pewarta : Edwardi