Selama Tiga Hari KPU Batanghari Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024


 SWARAJAMBI.ID, MUARABULIAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batanghari menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Batanghari di Gedung Pemuda Muarabulian, Sabtu (2/3/2024). Pembukaan rapat pleno KPU Batanghari ini mendapat pengawalan ketat dari aparat gabungan TNI/Polri.

Sesuai jadwal, rapat pleno KPU Batanghari ini akan dilaksanakan selama tiga hari mulai dari tanggal 2 sampai dengan 4 Maret 2024. 

Pembukaan rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 ini dihadiri jajaran komisioner dan sekretariat KPU Batanghari, Wakil Bupati Batanghari Bakhtiar, jajaran Bawaslu Batanghari, Kapolres Batanghari, Kodim 0415 Jambi, 

Ketua Pengadilan Negeri Batanghari, Kejari Batanghari, ketua Pengadilan Agama Batanghari, unsur PPK, serta saksi dan perwakilan partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024.

Ketua KPU Batanghari, Ahmad Halim mengatakan rapat pleno Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten ini, sampai malam. Hari pertama dilaksanakan pleno daerah pemilihan (dapil) satu dan dua sampai selesai.

"Kita berurutan sesuai dengan jumlah dapil. Dua dapil pertama yaitu dapil satu Maro Sebo Ilir dan Muara Bulian. Kemudian dapil dua pemayung dan Kecamatan Bajubang. Ini kita targetkan Sabtu selesai," ujar Ahmad Halim.

Halim mengatakan untuk pelaksanaan pleno rekapitulasi surat suara ini juga dihadiri oleh Bawaslu dan para saksi partai politik peserta pemilu.

"Peserta pleno, korumnya kita sudah mengundang pihak-pihak terkait, hasil rekap di kecamatan. Dan juga disaksikan oleh Bawaslu dan kita juga mengundang saksi pasangan calon presiden dan saksi partai politik bukan caleg yang bersangkutan," jelasnya.

Halim kembali mengatakan rapat pleno rekapitulasi ini untuk menyamakan persepsi yang berbeda untuk mencocokan hasil hitungan suara.

"Jadi rapat pleno rekapitulasi ini momentum kita menyamakan persepsi jika ada data yang berbeda, maka kita cocokkan," ujarnya.

"Saya berharap agar rapat pleno selama tiga hari kedepan berjalan aman lancar dan damai," pungkasnya.(*)



Pewarta: Edwardi