Diikuti 128 Peserta, Kesbangpol Batanghari Gelar Seleksi Paskibraka

Kebangpol Batanghari melaksanakan seleksi Paskibraka tingkat kabupaten.

-----------------------------------

SWARAJAMBI.ID, MUARABULIAN – Tahapan seleksi untuk pembentukan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) sedang dilaksanakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Batanghari. Pendaftaran Paskibraka sendiri dilakukan secara online. 

"Sebelumnya kita telah melaksanakan sosialisasi kepada sekolah yang ada di Kabupaten Batanghari. Bahkan sampai sekolah yang jauh," ujar Kepala Badan Kesbangpol Batanghari Fathan, Rabu (17/4/2024).

"Pendaftarannya melalui aplikasi yang telah ditentukan.Terbuka untuk semua siswa, baik itu SMA, SMK maupun Madrasah Aliyah di Kabupaten Batanghari," imbuhnya.

Fathan juga mengatakan para siswa yang ikut seleksi Paskibraka tingkat kabupaten ini yang telah lulus seleksi dari sekolahnya.  

"Seleksi Paskibraka ini melalui tahapan yang telah ditetapkan.Tahapan pertama, pendaftaran dan seleksi administrasi pada 29 Februari hingga 14 April 2024. Yang mendaftar banyak," ujarnya. 

Lebih lanjut disampaikan Fathan, dari semuanya itu yang dinyatakan lulus administrasi sebanyak 128 orang. Mereka itulah yang bisa mengikuti tahapan selanjutnya.

"Sekarang ini telah memasuki tahapan wawasan pancasila dan wawasan kebangsaan serta intelegensi umum. Semua peserta mengikuti tahapan ini," katanya.

Setelah itu peserta akan melaksanakan tes kesehatan pada 18 April 2024. Dilanjukan dengan parade dan Peraturan Baris Berbaris (PBB) pada 19 April 2024. 

"Kesamaptaan dan seleksi epribadian pada hari berikutnya. Termasuk penelusuran rekam jejak di media sosial," tuturnya.

Ia berharap agar peserta yang lolos ini nantinya mengikuti kegiatan dengan serius.

"Diharapkan mampu menjadi pasukan pengibar bendera yang terbaik nantinya ketika ditugaskan apabila lulus tingkat kabupaten, provinsi maupun Nasional. Karena besar harapan Pemda Bantanghari agar mereka yang terpilih nantinya bisa menjadi ujung tombak dalam membangun persatuan bangsa," pungkasnya.(*)



Pewarta : Edwardi