Peserta Seleksi Paskibraka Ikuti Tahap Kesamaptaan

Para calon paskibraka Kabupaten Batanghari menjalani tes Kesamaptaan di Stadion KONI Batanghari.

-----------------------

SWARAJAMBI.ID, MUARABULIAN – Semua peserta seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) sejak pukul 07.00 WIB sudah berkumpul di Stadion Koni Batanghari, Muarabulian pada Sabtu (20/4/2024). Sesuai jadwal, para calon Paskibraka tingkat Kabupaten Batanghari akan menjalani seleksi kesamaptaan atau jasmani. 

Seleksi Kesamaptaan terbagi dua bagian, Kesamaptaan A dan B. Kesamaptaan A berupa lari mengelilingi lapangan dengan jarak 400 meter selama 12 menit. Sementara Kesamaptaan B berupa lari membentuk angka delapan dengan mengelilingi dua tiang dan sit up selama satu menit.

"Ini semua untuk mengetahui kemampuan dari masing-masing peserta. Sementara sit up dalam rangka menguatkan otot-otot perutnya. Semua latihan, termasuk berdiri dan berjalan, memiliki korelasi dengan kegiatan berikutnya yang akan mereka kerjakan," kata Bambang Harianto yang merupakan instruktur dari Satpol PP Batanghari.

Instruktur yang akrab disapa Ibenk menambahkan sebelum seleksi dimulai, para peserta diharuskan mengecek tensi sebelum lari mengelilingi lapangan. Usai pemanasan, mereka diminta untuk mengelilingi lapangan dengan berjalan kaki sebagai bentuk adaptasi.

"Semua peserta seleksi Paskibraka mendapat jatah yang sama. Lari mengelilingi lapangan selama 12 menit. Kami akan memberi aba-aba ketika memasuki dua menit terakhir," ujarnya.

"Tes kesamaptaan sudah kita sosialisasikan kepada semua siswa. Jadi, mereka tidak terkejut lagi. Tes ini memang menguras fisik semua peserta," imbuhnya.

Pemilihan anggota Paskibraka kabupaten ini untuk memilih yang benar-benar terbaik. Setelah dipilih, mereka juga akan menjalani latihan yang keras hingga menjadi pasukan yang terbaik.

Pasukan Paskibraka kabupaten yang terbaik akan diseleksi lagi untuk dikirimkan ke tingkat nasional sehingga menjadi Paskibraka nasional.(*)



Pewarta : Edwardi