Taman Tapa Melenggang dan Aek Meliuk Jadi Lokasi Favorit saat Libur Lebaran di Batanghari

Taman Tapa Melenggang jadi favorit warga Batanghari.

----------------------

SWARAJAMBI.ID. MUARABULIAN — Taman Tapa Melenggang dan Aek Meliuk di Kota Muarabulian, Kabupaten Batanghari, menjadi pilihan utama bagi masyarakat saat meluangkan waktunya di hari libur lebaran. Pasalnya, destinasi wisata yang dibangun Bupati Muhammad Fadhil Arief ini dengan desain yang unik sehingga menarik perhatian masyarakat.

Pengunjung destinasi ini didominasi oleh warga yang membawa keluarganya. Hal ini tak mengherankan karena taman Tapa Melenggang dan Aek Meliuk dapat memberikan hiburan atau melepas lelah dengan bersantai sambil menikmati kuliner maupun wahana permainan yang ada. 

Kedua destinasi favorit warga tersebut, lokasinya berada di depan dan sebelah Rumah Dinas Bupati Batanghari.

Menariknya lagi, pengunjung yang datang tidak hanya warga Batanghari saja. Ada juga dari luar kabupaten dan Provinsi Jambi.

"Suasananya aman dan nyaman. Kemudian jarak tempuhnya dekat," kata Mila, pengunjung dari Desa Jebak. 

Mila datang bersama keluarganya yang mengaku baru pertama kali mengunjungi Taman Tapa Melenggang dan Aek Meliuk. 

Mila juga mengaku berasal dan tinggal di Kota Medan, Sumatera Utara. Dia ke Desa Jebak, berlebaran ke rumah mertuanya.

"Terus terang terkejut ada Taman Tapa Melenggang dan Aek Meliuk ini. Tiga tahun yang silam, saya pulang lebaran, belum ada," katanya lagi.

Dia juga memuji pembangunan yang telah dilakukan Pemkab Batanghari, yang dipimpin Bupati Muhammad Fadhil Arief, sehingga ada perubahan. 

"Mudah-mudahan tahun depan ada lagi yang baru di Batanghari ini," pungkasnya.

Senada juga disampaikan pengunjung bernama Subur dari Desa Bajubang. Dia bersyukur, ada Taman Tapa Melenggang dan Aek Meliuk yang dibangun Bupati Fadhil Arief. 

"Ini sudah bagus. Tapi, saya berharap ada penambahan wahana permainan di taman ini, khusus wahana air atau wahana lainnya. Biar lebih rame lagi kunjungan masyarakat ke taman ini. Baik diluar hari-hari besar seperti hari lebaran ini," kata Subur. 

Kehadiran pengunjung di Taman Tapa Melenggang dan Aek Meliuk membuat berkah para pedagang. Seperti yang dirasakan Mamat yang berjualan makanan ringan di Taman Tapa Melenggang. Ia mengatakan omsetnya bertambah. Hal itu karena ramainya pengunjung. 

" Alhamdulillah meningkat," ujarnya.

Menurut Mamat, berjualan disini (Taman Tapa Melenggang dan Aek Meliuk) tidak dipungut biaya sedikit pun oleh Pemkab Batanghari. 

"Asal kami menjaga kebersihan taman ini," tuturnya. 

Terpisah, Kasi Ops Dal Tratibum Pol PP Batanghari Indro Yadi mengatakan kunjungan masyarakat di Taman Tapa Melenggang dan Taman Aek Meliuk meningkat pada hari liburan lebaran. Agar kenyamanan pengunjung tetap terjaga, pihaknya menempatkan beberapa personil. 

"Mulai dari pagi, pukul 08.00 WIB, sampai malam. Kemudian kami memantau lagi hingga dini hari," katanya.(*)


 

Pewarta : Edwardi