Tinjau Seleksi Paskibraka, Begini Harapan dari Sekda Azan

Sekda Azan memberikan motivasi kepada peserta calon Paskibraka Kabupaten Batanghari.

-------------------------

SWARAJAMBI.ID, MUARABULIAN – Para peserta calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) mendapat kunjungan Sekretaris Daerah (Sekda) Batanghari M Azan dan rombongan, Jumat (19/4/2024). Saat dikunjungi, para calon Paskibraka tingkat Kabupaten Batanghari tahun 2024 tersebut sedang melaksanakan seleksi parade dan Peraturan Baris Berbaris (PBB) di Bulian Sport Center(BSC), Muarabulian. 

Sebelumnya para calon paskibraka telah melalui beberapa tahapan awal. Yaitu seleksi administrasi, Pancasila dan wawasan kebangsaan, intelegensi umum dan tes kesehatan. Sekarang ini jumlahnya telah berkurang menjadi 98 orang dari total 128 peserta. 

Dihadapan peserta, Sekda Azan mengatakan para peserta seleksi calon Paskibraka tingkat Kabupaten Batanghari ini merupakan siswa siswi pilihan. Untuk itu ia berharap semua mengikuti tahapan seleksi dengan sebaik-baiknya.

"Atas nama Pemda Batanghari, saya berharap agar peserta yang ikut seleksi ini agar tetap punya motivasi yang tinggi. Untuk lolos seleksi," ujar Sekda Azan.

"Paskibraka ini, jumlahnya telah ditentukan oleh pusat. Sudah ada kuotanya dan aturan mainnya. Seperti tinggi badan juga diatur, dimana untuk pelajar putra minimal 170 sentimeter dan 165 sentimeter untuk pelajar putri," sambungnya.

Sekda Azan juga meminta kepada seluruh unsur yang terlibat dalam seleksi Paskibraka agar bekerja dengan iklas dan baik. Hal ini agar bisa menjaring Paskibraka yang berdasarkan kriteria atau sesuai tahapan-tahapan yang dilalui peserta.

"Yang lulus nanti menjadi tim inti. Yang memang siap ditugaskan saat pengibaran sang saka merah putih pada hari kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Batanghari," katanya.

Kehadiran Sekda Azan sudah pasti memberikan semangat tambahan bagi para calon Paskibraka untuk memberikan yang terbaik dalam setiap tahapan seleksi. 

"Kami juga memberikan apresiasi kepada Pemda Batanghari wabil khusus Bupati Fadhil Arief yang peduli dengan kegiatan seleksi calon anggota paskibraka Kabupaten Batanghari," ujar Sekretaris Kesbangpol Batanghari Rusdi Majid. 

Ia juga berharap seleksi calon paskibraka berjalan dengan baik dan mendapatkan 34 orang yang terbaik. Yang siap menjadi pasukan pengibar bendera merah putih di bulan Agustus mendatang. 

"Semoga putra putri Kabupaten Batanghari bisa mewakili utk jenjang provinsi dan nasional," kata Rusdi.

Para calon paskibraka masih menjalani tahapan seleksi. Sesuai jadwal, Sabtu (20/4/2024), semua peserta melakukan seleksi kesamaptaan di KONI Batanghari.(*)




Pewarta : Edwardi