Begini Pesan Pj Bupati Pada Launching Inovasi Dinas Dukcapil Muarojambi

Pj Bupati Muarojambi Bachyuni Deliansyah menghadiri launching inovasi pelayanan Dinas Dukcapil Kabupaten Muarojambi di Hotel Ratu, Jum'at (3/5/2024).

-------------------

SWARAJAMBI.ID, MUAROJAMBI – Penjabat (Pj) Bupati Muarojambi Bahcyuni Deliansyah menghadiri acara launching inovasi pelayanan Dinas Dukcapil Kabupaten Muarojambi di Hotel Ratu, Jum'at (3/5/2024). Di acara ini Bahcyuni Deliansyah didampingi Sekda Muarojambi Budhi Hartono.

Dalam sambutan, Bachyuni menginginkan perbaikan pelayanan publik dengan memperhatikan letak geografis wilayah Kabupaten Muarojambi. Pasalnya, wilayah Muarojambi cukup luas dan mengelilingi Kota Jambi. Sehingga menjadi permasalahan tersendiri dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. 

"Jarak tempuh antar desa antar kecamatan ke Ibukota Kabupaten Muarojambi di Sengeti cukup jauh. Sehingga mengharuskan OPD yang memiliki tugas dalam pelayanan publik harus mampu melakukan banyak inovasi dalam meningkatkan kualitas layanan," katanya.

"Pagi tadi saya telah melaksanakan Soft Launching Mall Pelayanan Publik di Sengeti. Dimana Dinas Dukcapil juga termasuk OPD yang melakukan pelayanan di MPP tersebut. Dengan dibangunnya MPP tentu belum menyelesaikan permasalahan terkait jarak dan waktu atas kebutuhan pelayanan publik khususnya," imbuhnya.

Dengan adanya kegiatan ini, Bachyuni berharap mempermudahkan pelayanan administrasi kebutuhan kepada masyarakat.

"Hari ini kita integrasikan pelayanan administrasi kependudukan dengan pelayanan di Kecamatan, Desa dan Kelurahan ditambah dengan inovasi- inovasi lainnya untuk memudahkan, mendekatkan pelayanan administrasi kebutuhan kepada masyarakat. Selain itu memberikan masyarakat banyak pilihan untuk mengurus dokumen kependudukannya, bisa ke Sengeti di Dinas Dukcapil dan MPP, bisa ke Kecamatan, atau Desa Kelurahan ataupun secara mandiri melalui hape di rumah secara mandiri," tuturnya.

"Semangat untuk meningkatkan kualitas layanan dan mendekatkan serta memudahkan layanan masyarakat adalah salah satu program kerja saya," katanya lagi.

Bachyuni berharap, apa yang sudah disepakati dan dilaunching semoga dapat dilaksanakan dengan baik. Sehingga esensi pemerintah daerah sebagai pelayan masyarakat dapat terwujud dengan inovasi layanan yang dilaunching pada hari ini.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh Camat, Kepala Desa dan Lurah yang akan menjadi ujung tombak pelayanan di tingkat bawah dan telah mendukung sehingga pelayanan kepada masyarakat semakin baik ke depannya," katanya.(*)



Pewarta : Darmanto Zebua