Pj Walikota Buka Forum Konsultasi Publik Layanan Sosial, Ini Tujuannya

Pj Walikota Jambi Sri Purwaningsih


SWARAJAMBI.ID, JAMBI – Pj Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih membuka kegiatan forum Konsultasi Publik peningkatan pelayanan sosial tahun 2024, Kamis 2 Mei 2024.

Forum konsultasi publik ini, bertujuan untuk mengevaluasi dan mengkoordinasikan layanan publik di bidang kesejahteraan sosial.

Dalam forum tersebut, Pj Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih tampak menyoroti pentingnya kolaborasi antar instansi, dalam meningkatkan kesejahteraan sosial di kota.

Sri Purwaningsih menyampaikan, soal urgensi dari rapat koordinasi tersebut.

“Untuk mencapai kesejahteraan sosial yang merata, kolaborasi antara pemerintah daerah, masyarakat, dan berbagai instansi terkait sangatlah penting,” kata dia.

Hal ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang menjadikan layanan publik sebagai tanggung jawab bersama.

"Forum ini saya tekankan karena,  negara harus hadir untuk memastikan kesejahtreraan sosial  di seluruh Indonesia ini bisa terwujud,” sebutnya.

“Maka kepala Dinas Sosial sebagai garda terdepan harus mengkonsolidasikan itu untuk mewujudkan. Kepala dinas sosial tidak bisa sendirian, maka perlu komunikasi secara menyeluruh, integratif, dan kolaboratif dalam forum ini," terangnya.

Pemerintah Kota Jambi mengidentifikasi beberapa masalah utama yang perlu segera ditangani. Seperti gelandangan, pengemis, lansia terlantar, anak terlantar, tuna sosial, dan disabilitas.

Sri Purwaningsih menekankan bahwa, penanganan masalah ini memerlukan kerja sama antar instansi, seperti kolaborasi antara Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan, dalam memastikan anak-anak terlantar dapat mengakses pendidikan secara maksimal.

"Gelandangan, pengemis, lansia terlantar, anak terlantar, tuna sosial terlantar, disabilitas, itu adalah masalah yang masuk ke dalam urusan wajib dasar yang harus segera ditangani oleh pemerintah daerah. Ini adalah kolaborasi yang harus kita sama-sama lakukan," jelasnya.

Tidak hanya itu, Sri Purwaningsih juga menggarisbawahi perlunya kerja sama antara dinas-dinas terkait, dalam menangani masalah kesehatan yang dialami oleh kelompok rentan, seperti lansia terlantar atau orang tua yang tidak sehat.

"Ini adalah kolaborasi yang harus kita sama-sama lakukan,” singkatnya.(*)


Pewarta: Rijal